News
Jumat, 10 Oktober 2014 - 19:00 WIB

KASUS NARKOBA : Indonesia Pasar Sindikat Narkotika Internasional

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aparat Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Propam Polri) menggiring anggota Polda Kalimantan Barat AKBP Idha Endi Prasetyono (tengah) menuju ruang tahanan Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/9/2014). Dua anggota polisi Polda Kalimantan Barat yang ditangkap oleh kepolisian Malaysia karena diduga sebagai sindikat narkotika internasional yang ditangkap di Kuching, Malaysia itu dikembalikan setelah pemeriksaan oleh Polisi Diraja Malaysia (PDRM) tidak berhasil membuktikan keterkaitan mereka dengan jaringan narkoba tersebut. (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia merupakan sasaran empuk bagi para pemasok narkotika sindikat internasional untuk menciptakan pasar aktif barang haram tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kapolri, Jenderal Pol. Sutarman. Menurutnya, dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, Indonesia sangat rentan untuk menjadi negara pengkonsumsi narkotika. “Sepanjang masih ada pengguna, pengedar, dan pasar, maka barang akan berusaha masuk ke Indonesia,” katanya, Jumat (10/10/2014).

Advertisement

Selain itu, sambung Sutarman, meluasnya pengguna narkotika di Indonesia telah memacu tumbuhnya produsen narkotika di dalam negeri. Fakta itu terbukti dari terungkapnya laboratorium produksi narkotika di Tangerang dan Batam.

Lebih lanjut, Sutarman menyampaikan penegakan hukum saja tidak cukup untuk menghentikan pasar narkoba. Selain itu, tindakan hukum juga tidak memberikan efek jera.

Dia berpendapat cara yang paling ampuh ialah dengan mencegah orang agar tidak menggunakan narkotika, sehingga pasar narkotika tidak terbentuk. “Ini bagaimana jangan mengkonsumsi narkoba. Kalau tidak ada mengkonsumsi maka itu tidak akan laku. Ini menjadi tugas kita bersama,” jelas Sutarman.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif