Jogja
Jumat, 10 Oktober 2014 - 01:20 WIB

Geopark Gunungsewu Gagal Diakui UNESCO, Masih Ada Kesempatan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tulisan Welcome to Geopark Gunungsewu terpampang di jalur bokong semar di Jalan Jogja-Wonosari, Kecamatan Patuk, Rabu (7/5/2014). (JIBI/ Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kegagalan Gunungsewu masuk dalam global geopark network tak membuat pemerintah di tiga kabupaten (Gunungkidul, Pacitan dan Wonogiri) menjadi patah arang.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Supriyadi menambahkan penundaan status geopark internasional bukan sesuatu yang terus diratapi. Sebab, masih ada kesempatan untuk memperbaiki dan mencoba ikut kompetisi tersebut pada tahun depan.

Advertisement

“Kami masih bisa mengajukan diri di tahun depan. Namun, sebelum itu dilakukan, catatan dari UNESCO harus segera diperbaiki,” kata dia, Rabu (8/10/2014).

Dia menilai kegagalan tersebut salah satunya disebabkan kerja sama antar pemerintah masih kurang. Secara kebijakan, sambungnya, pemerintahan di tiga kabupaten sudah memiliki kesamaan visi. Namun, untuk koordinasi antar provinsi dirasa masih butuh peningkatan.

“Catatan miring, salah satunya berasal dari sisi administrasi, terutama kerja sama di tingkat provinsi. Sebenarnya, hubungan di tingkat kabupaten sudah terjalin dengan baik. Tapi, kenyataannya, untuk pengelolaan tetap butuh bantuan dari provinsi,” kata dia.

Advertisement

Lebih jauh dikatakan Supriyadi, untuk perbaikan sarana prasarana pendukung, rencananya akan menggunakan dana keistimewaan.

Hal ini dikarenakan, beberapa waktu lalu, Sri Sultan HB X memperbolehkan dana tersebut digunakan untuk program pembangunan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif