News
Jumat, 10 Oktober 2014 - 03:33 WIB

Benarkah Presiden Korut, Kim Jong Un Telah Ditahan?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kim Jong Un dengan gaya baru (Huffingtonpost.com)

Solopos.com, SOLO – Sudah satu bulan lamanya, Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un tak pernah terlihat di hadapan publik. Hal itu menimbulkan spekulasi bahwa Kim Jong Un kini tengah berada di ruang tahanan.

Sejak 3 September 2014 lalu, Kim tidak pernah terlihat kembali di depan umum. Laporan terakhir menyebutkan Kim tengah sakit yang dipicu akibat kegemarannya menyantap keju.

Advertisement

Media pemerintah Korea Utara, bulan September 2014 lalu, melaporkan Kim Jong Un merasa tidak sehat. pada bulan Juli 2014, Kim memang terlihat lemas saat menghadiri peringatan ke-20 kakeknya, Kim Il Sung.

Dilanisir Daily Mail, Kamis (9/10/2014), Profesor Studi Korea di Universitas Leiden, Belanda mengatakan kepada ABC, diktator tersebut mungkin saja telah ditempatkan dalam tahanan rumah. “Kami tidak yakin dia ditempatkan di mana, atau apa yang terjadi. Kami tidak tahu apakah dia di rumah sakit atau diletakkan di bawah tanah.”

Sebelumnya, Kim Jong Un pernah dikabarkan telah kehilangan kekuasaannya di Korea Utara. Seorang pejabat intelijen Korea Utara, Jang Jing-Sun, mengeluarkan pernyataan mengejutkan terkait kepemimpinan sang diktaktor negeri itu.

Advertisement

Ia mengatakan Kim sebenarnya telah kehilangan kekuasaannya setelah dikudeta tahun 2013 lalu. Akibat kudeta itu, ibu kota negara Korea Utara, Pyongyang, dalam kondisi mencekam.

Wisatawan ataupun warga asing yang tengah berkepentingan tidak dipekenankan lagi memasuki daerah tersebut. Larangan tersebut telah berlangsung sejak 27 September 2014 lalu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif