News
Kamis, 9 Oktober 2014 - 07:15 WIB

TEROR ISIS : ISIS Kuasai Kota Kurdi, Kerusuhan Pecah di Tenggara Turki

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Solopos.com, DIYARBAKIR — Kendaraan-kendaraan tempur berpatroli di jalan-jalan di tenggara Turki saat pemerintah setempat menerapkan jam malam untuk mengakhiri kerusuhan akibat kemarahan warga etnis Kurdi di kawasan itu. Baca: Bursa Negara Berkembang Tertekan Ketegangan di Turki.

Etnis Kurdi di Turki marah karena pemerintah Turki dianggap tidak melakukan apa-apa untuk menghentikan militan ISIS. Kerusuhan pecah sejak Selasa (7/10/2014) karena Turki gagal menghentikan aksi militan ISIS yang menguasai Kobani, sebuah kota di perbatasan Suriah-Turki yang dihuni etnis Kurdi.

Advertisement

Dilaporkan Bloomberg yang mengutip media setempat, sebanyak 19 orang terbunuh dalam pertempuran antara pasukan Partai PKK Kurdi dan polisi melawan militan ISIS.

Sementara itu, Menteri Pertanian Turki, Mehdi Eker, mengatakan 10 orang terbunuh dan 45 orang luka-luka dalam kerusuhan di Diyarbakir, tenggara Turki. Diyarbakir merupakan kota yang memiliki penduduk etnis Kurdi terbesar di Turki tenggara.

“Kota Diyarbakir sudah tenang saat sebagian besar warga tinggal diam saat jam malam yang diberlakukan kemarin malam,” kata Eker yang disiarkan televisi setempat, Rabu (8/10/2014).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif