Jateng
Kamis, 9 Oktober 2014 - 17:50 WIB

PRODUKSI LISTRIK : 2017, Pemprov Jateng Targetkan Mampu Memenuhi 5.000 Megawatt

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (JIBI/Solopos/Dok)

Ganjar Pranowo (Dok/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, BANYUMAS – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan produksi listrik mencapai 5.000 megawatt pada 2017 sehingga kebutuhan masyarakat dapat tercukupi.

Advertisement

“Saat ini Jateng membutuhkan pasokan listrik hingga 3.500 megawatt. Namun, kebutuhan tersebut kadang tidak terpenuhi sehingga ada beberapa daerah yang harus mengalami pemadaman,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Banyumas seperti dikutip Antara, Kamis (9/10).

Ia mengakui bahwa kekeringan di Jateng berdampak pada operasional pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sehingga produksi listriknya menurun jika dibanding saat musim hujan.

Dia mencontohkan PLTA Panglima Besar Soedirman yang tidak dapat beroperasi secara maksimal akibat berkurangnya pasokan listrik di Waduk Mrica, Banjarnegara, sehingga produksi listriknya menurun.

Advertisement

“Operasional PLTA sangat bergantung pada pasokan air. Begitu pasokan air berkurang, secara otomatis, produksi listrik juga menurun,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya terus mendorong pembangunan pembangkit listrik di Jateng sehingga pada 2017, produksi listriknya bisa mencapai 5.000 megawatt.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan bahwa saat ini, ada sejumlah pembangkit listrik yang sedang dibangun, antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bunton di Cilacap dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) Baturraden di Banyumas.

Advertisement

Kendati demikian, dia mengakui bahwa ada beberapa proyek pembangunan pembangkit listrik yang menghadapi kendala di antaranya PLTU Batang.

“Saya tidak akan memaksakan pembangunan PLTU di Batang, meskipun saya masih tetap ingin melanjutkan,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, sampai sekarang masih dicarikan jalan keluar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif