Jateng
Kamis, 9 Oktober 2014 - 18:50 WIB

KESEIMBANGAN EKOSISTEM : Mahasiswa FT Untidar Tebar 10.000 Benih Ikan di Kali Progo

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi benih ikan (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi benih iakan (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Para mahasiswa bersama dosen Fakultas Teknik Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah, menebarkan 10.000 benih ikan di Kali Progo sebagai ajakan kepada masyarakat untuk menjaga eksosistem sungai.

Advertisement

“Ajakan kepada masyarakat untuk menjaga ekosistem Sungai Progo, dan sekaligus setelah tiga bulan nanti masyarakat yang hobi memancing dan menangkap ikan bisa mengambil manfaatnya,” kata Ketua Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Untidar Magelang Sapto Nisworo seperti dikutip Antara, Kamis (9/10/2014).

Ia menjelaskan kegiatan itu berawal dari keprihatinan kalangan mahasiswa dan dosen Untidar karena hingga saat ini masih marak penangkapan ikan di Sungai Progo dengan cara yang tidak ramah lingkungan.

Sekitar tiga bulan mendatang, katanya, masyarakat bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik dari kegiatan menangkap ikan di alur sungai itu.

Advertisement

Ia menjelaskan penebaran benih ikan yang merupakan swadaya mahasiswa dan dosen Untidar itu, juga meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Bahwa selain melakukan kegiatan pendidikan, penelitian, juga ada pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Pihaknya akan berkesinambungan, setiap enam bulan sekali, melakukan penebaran benih ikan dengan lokasi alur sungai yang lain.

Advertisement

Dekan Fakultas Teknik Untidar Magelang Kun Suharno mengatakan kegiatan itu bagian dari kampanye pelestarian lingkungan alam.

“Kegiatan ini bentuk kampanye kepada mahasiswa guna mendukung kelestarian alam. Juga untuk mengajak masyarakat menjaga ekosistem sungai,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif