Soloraya
Kamis, 9 Oktober 2014 - 10:00 WIB

KEBAKARAN WONOGIRI : Rerumputan di 5 Hektare Lahan Diamuk Jago Merah, 1.500 Pohon Jati Ikut Kobong

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (backgroundpictures.com)

Solopos.com, WONOGIRI–Peristiwa kebakaran semak-semak kembali terjadi setelah kejadian di Lingkungan Grabag, Kelurahan Wuryorejo, KecamatanWonogiri, Rabu (8/10/2014), semak-semak di Dusun Dukuh, Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri terbakar. Semak-semak yang berada di lahan milik warga seluas lima hektare diamuk si jago merah.

Di lahan tersebut sekitar 1.500-an batang pohon jenis jati terbakar. “Sementara ini, pepohonan jenis jati itu masih tumbuh walau dedauan sudah terbakar. Pemilik masih membiarkan terlebih dahulu siapa tahu masih bisa tumbuh namun jika mati ya ditebang,” ujar Wahyono, warga Gemantar.

Advertisement

Sekretaris Desa Gemantar, Putut Hartopo meminta warga Gemantar tidak membuang putung rokok sembarang dan membakar sampah tanpa ditunggui.

Menurutnya, cuaca angin kencang dan panas menyebabkan dedaunan cepat mengering. “Daun kering dengan cuaca panas seperti sekarang mudah terbakar. Untuk itu, jangan sembarang membakar sampah tanpa ditunggui atau membuang puntung rokok.”

Kebakaran Semak
Menurutnya, kebakaran semak-semak di Dusun Dukuh berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran sehingga tidak merembet ke perkampungan. “Saya sendiri tak berani mendekat karena api berkobar-kobar.”

Advertisement

Sekdes Gemantar, Putut mengatakan, peristiwa kebakaran semak-semak setiap tahun terjadi. Sebelumnya, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Sundoro mengatakan, selama dua bulan terakhir kebakaran hutan sudah terjadi di empat titik. Seperti di Lingkungan Gerdu, Kelurahan Giripurwo, Wonogiri, di Desa Sempukerep, Kecamatan Sidoharjo dan di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. “Di Sendang ada dua titik.”

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kebakaran Wonogiri
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif