Jogja
Kamis, 9 Oktober 2014 - 12:40 WIB

BANDARA KULONPROGO : Sultan Sebut Tak Ada Lokasi Alternatif

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bandara (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan tak ada lokasi alternatif untuk pembangunan bandara. Pernyataannya ini menanggapi aksi ratusan warga penolak bandara yang gagal menemuinya pada Selasa (7/10/2014).

“Ya enggak mungkin, enggak mungkin [tidak mungkin ada lokasi lain],” ujar Sultan usai pelantikan pengambilan sumpah jabatan
pimpinan Dewan di DPRD DIY, Rabu (8/10/2014).

Advertisement

Ia mengaku siap untuk kembali dipertemukan dengan warga penolak bandara yang mengatasnamakan paguyuban Wahana Tri Tunggal (WTT) dengan penjadwalan ulang.

“Ya boleh, nanti buat surat dulu,” ujarnya.

Saat itu ia tak menemuinya, karena tengah berada di Surabaya menghadiri undangan peringatan Hari Ulang Tahun TNI. Sultan kembali mengatakan penolakan itu adalah hal yang wajar. Ia memaklumi kekhawatiran warga yang beraksi sampai membawa sayur mayur karena lahannya subur.

Advertisement

Menurut dia, tahapan yang digelar kemarin barulah sosialisasi. Keluhan warga itu akan tertampung dalam konsultasi publik. Pemerintah DIY bersedia untuk memfasilitasi keinginan warga untuk mengupayakan pembangunan bandara tersebut. Mereka yang tergabung dalam WTT itu adalah warga dari Desa Glagah, Sindutan, Paliyan, dan Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Meski gagal bertemu dengan Sultan, mereka diterima oleh pejabat Pemda DIY diantaranya Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Didik Purwadi dan Asisten Sekda Kulonprogo II Triyono di di Pendapa Wiyotoprojo, Komplek Kepatihan.

Humas WTT Martono meminta ada penjadwalan ulang pertemuannya dengan Sultan. Menurut dia pertemuan itu penting, karena
selama ini warga menilai perangkat desa dan kecamatan terkesan menutup-nutupi sosialisasi yang dilakukan oleh tim percepatan
pembangunan bandara.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif