News
Rabu, 8 Oktober 2014 - 15:32 WIB

PEMILIHAN PIMPINAN MPR : Ada Peran SBY di Balik Terpilihnya Zulkifli Hasan Jadi Ketua MPR

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana voting pemilihan pimpinan MPR, Rabu (8/10/2014) dini hari. , Rabu (8/10). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua Umum PAN, Drajat Wibowo, menegaskan terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR periode 2014-2019 merupakan hasil diskusi antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum PAN Hatta Radjasa.

“Itu [terpilihnya Zulkifli Hasan menjadi Ketua MPR Periode 2014-2019] hasil diskusi Ketua Umum Partai Demokrat dan Ketua Umum PAN sekitar waktu Isya [Selasa 7/10/2014],” kata Drajat Wibowo dalam pesan singkatnya kepada para wartawan di Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Advertisement

Dia menjelaskan pertimbangan kedua pimpinan partai itu adalah Ketua MPR sebaiknya dijabat tokoh yang sudah teruji kualitasnya dan luas akseptabilitasnya. Menurut Drajat, kedua pemimpin partai tersebut sepakat mengusung Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR 2014-2019 dan langsung dikomunikasikan kepada ketua umum partai politik anggota Koalisi Merah Putih.

“Oleh Bang Hatta [Radjasa], hal tersebut dikomunikasikan kepada para ketum parpol anggota KMP menjelang pukul 21.00 WIB di Hotel Mulia dan para ketum juga sepakat,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Selain itu, Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Amien Rais sebagai penasihat KMP juga sepakat. Karena, menurutnya, posisi Ketua MPR yang tadinya akan diisi anggota MPR dari Partai Demokrat diubah menjadi diberikan kepada Zulkifli Hasan. “Dari sisi internal KMP tidak ada yang keberatan karena Ketum Partai Demokrat sudah lebih dahulu menyetujui perubahan tersebut,” papar Drajat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif