News
Rabu, 8 Oktober 2014 - 13:26 WIB

JOKOWI PRESIDEN : KMP Kuasai MPR, Jokowi Rawan Digulingkan Mulai 2016

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunduran diri Jokowi dari jabatan Gubernur DKI Jakarta, Kamis (2/10/2014). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat sosial dan politik menilai pemakzulan atau penjegalan presiden terpilih Jokowi dimungkinkan setelah adanya kemenangan kubu Koalisi Merah Putih dalam pemilihan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima), Ray Rangkuti, menilai dengan dikuasainya pimpinan DPR dan MPR oleh Koalisi Merah Putih (KMP), maka dipastikan ruang gerak pemerintahan presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) ke depan akan dipersempit.

Advertisement

“Mereka berkuasa di parlemen untuk menyempitkan peran eksekutif. Sehingga nantinya pemerintahan Jokowi tidak dapat bekerja dengan baik,” ujarnya di gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Lebih lanjut, Ray Rangkuti mengatakan upaya penggulingan Jokowi-JK ke depan dapat saja bisa terjadi karena KMP telah menguasai semua infrastruktur parlemen. Apalagi, dalam sejarah pemerintahan presiden sebelumnya, hal ini sempat terjadi.

“Pasti nanti akan dicari-cari kesalahannya, dengan mencari faktor inkonstitusional atau dijatuhkan karena faktor politik, seperti presiden sebelumnya Soeharto, Gusdur,” jelasnya.

Advertisement

Menurutnya, pemakzulan dari sisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bisa juga terjadi. Namun, mengenai penjegalan Jokowi-JK di tengah jalan, lanjutnya, tidak dalam setahun ke depan ini. Hal itu karena pemerintahan ke depan masih menggunakan APBN yang telah dirancang oleh pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif