Jogja
Rabu, 8 Oktober 2014 - 01:20 WIB

Di Gunungkidul ada Ratusan Restoran dan Puluhan Hotel, Pajak Ditarget Rp2 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah (JIBI/Bisnis)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Jumlah restoran dan katering di Gunungkidul mencapai 790 buah, sedang untuk hotel 63 buah. Untuk tahun ini, pajak hotel dan restoran ditargetkan mencapai Rp2 miliar.

Rinciannya, Rp130 juta dari pajak restoran, dan Rp1,9 miliar dari pajak hotel dan usaha jasa katering.

Advertisement

“Pendapatan yang masuk baru sekitar 65 persen dari target. Namun, kami optimistis target tersebut dapat terpenuhi,” papar Kepala Bidang Pendataan dan Pengembangan Pendapatan DPPKAD Gunungkidul Mugiyono, Senin (6/10/2014).

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memberlakukan pajak konsumen dan restoran sebesar 10% dari total yang harus dibayar mulai hari ini, Selasa (7/10/2014).

“Untuk itu, kami akan melakukan sosialisasi tentang pentingnya pajak tersebut,” tambahnya.

Advertisement

Dia menambahkan berdasarkan aturan dalam Peraturan Daerah, sebenarnya ada sanksi kepada pengusaha yang tidak melakukan pelaporan atau membayar pajak itu. Ancamannya tidak main-main, pelaku bisa dihukum kurungan selama dua tahun.

Terpisah, Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Zulkarnain mengaku tidak memermasalahkan adanya pembayaran pajak tersebut.

Menurut dia, potongan 10% dari penghasilan yang diperoleh merupakan hal yang wajar. Hanya, dia berpesan supaya sosialisasi tentang pajak itu terus ditingkatkan.

Advertisement

“Tidak masalah, karena itu merupakan kewajiban kami untuk membayarnya. Kami juga mendukung upaya Pemkab menarik pajak-pajak itu,” ungkap Zulkarnain.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif