Soloraya
Rabu, 8 Oktober 2014 - 19:45 WIB

ANGIN KENCANG WONOGIRI : Puting Beliung Hantam Ngadirojo, 8 Rumah Rusak

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang warga melihat kondisi genteng rumah milik Suto, warga Dusun Sepangan Jetis, Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Wonogiri disapu angin ribut, Sabtu (12/4/2014). (Trianto HS/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI–Angin kencang menerjang Wonogiri. Puting beliuang menyasar delapan rumah warga di Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, KabupatenWonogiri, Rabu (8/10/2014). Angin memorakporandakan genting dan asbes atap rumah warga di Dusun Pucungan, Dusun Sumber dan Dusun Pencil.

Kerugian atas musibah bencana alam ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Sebagian rumah yang rusak segera diperbaiki warga secara bergotong-royong.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, tak ada korban jiwa pada peristiwa yang berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB tersebut. Salah seorang warga Gedong, Suyatno bercerita, sepekan terakhir angin bertiup kencang walau tak disertai dengan hujan.

“Orang perdesaan menyebutkan angin lesus tadi siang mengobrak-abrik genting rumah warga. Suaranya cukup keras. Warga bergegas keluar rumah,” ujarnya.

Di Dusun Sumber dan Dusun Pencil, rumah warga yang tersapu angin lesus di antaranya milik Wagimin, 38 dengan kerugian ditaksir senilai Rp5 juta, Kasidi, 58, menderita kerugian senilai Rp7 juta, Kamiyem, 58 kerugian senilai Rp 2 juta dan Kasidi, 57 menderita kerugian senilai Rp1 juta, kesemuanya berada di Dusun Sumber RT 004/RW 003. Kepala Desa Gedong, Mulyono menyatakan, masih melakukan pendataan rumah yang terkena angin lesus.

Advertisement

“Arah angin lesus tadi ke utara. Pengalaman orang desa selalu keluar rumah saat terjadi angin kencang. Dusun pencil, Dusun Sumber dan Dusun Pucungan itu satu jalur. Kami mendapat informasi di Dusun Pucungan terdapat empat rumah yang terkena angin ribut. Genting rumah berhamburan,” katanya.

Warga Gotong Royong
Dijelaskannya, usai kejadian sebagian warga bergotong-royong memperbaiki rumah Pak Wagimin. Prioritas perbaikan di rumah Wagimin karena genting dan asbes terbawa angin. “Hari ini, baru rumah Pak Wagimin yang bisa diperbaiki. Perbaikan secara gotong-royong akan diteruskan besok {Kamis],” jelasnya.

Mulyono menyatakan, bahan yang masih dibutuhkan korban di antaranya genting. “Pak Kasidi warga kurang mampu sehingga butuh bantuan. Saya masih memiliki genting bekas biar diambil dan dipergunakan untuk merehab rumah Pak Kasidi.”

Advertisement

Camat Ngadirojo Agus Hendradi menyatakan, pihaknya sudah melakukan penanganan bersama warga. “Data sementara yang masuk, angin lesus melanda rumah warga Dusun Sumber RT 004/RW 003, Desa Gedong. Kerugian ditaksir puluhan juta.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif