News
Selasa, 7 Oktober 2014 - 23:50 WIB

PEMILIHAN PIMPINAN MPR : 2 Kubu Usulkan Paket, MPR Voting Pimpinan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana voting pemilihan pimpinan MPR, Rabu (8/10/2014) dini hari. , Rabu (8/10). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Solopos.com, JAKARTA — Dua paket calon pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) diajukan oleh sepuluh fraksi dalam sidang paripurna untuk memilih pimpinan MPR periode 2014-2019 di Gedung Nusantara, kompleks perkantoran Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/10/2014) malam. Kesepuluh fraksi itu terbelah dalam dua koalisi, yaitu Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat.

Koalisi Indonesia Hebat yang dimotori PDIP menyampaikan paket pimpinan terdiri dari Oesman Sapta Odang yang berasal dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebagai Ketua dan empat wakilnya yaitu Achmad Basarah (PDIP), Imam Nachrowi (PKB), Hasrul Azwar (PPP), dan Patrice Rio Capella (Nasdem). PDIP bersama koalisinya, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, dan Partai Hanura. Sementara PPP yang sebelumnya berada di Koalisi Merah Putih menyeberang.

Advertisement

Fraksi Partai Hanura dalam kesempatan itu menyatakan tidak mengajukan calon dari kadernya, melainkan dari PPP, Hasrul Azwar, dan sepakat dengan paket dari partai politik Koalisi Indonesia Hebat. Koalisi Merah Putih yang dimotori oleh Partai Gerindra mengajukan Zulkifli Hasan (PAN) sebagai Ketua. Sedangkan empat wakilnya yaitu Mahyudin (Partai Golkar), EE Mangindaan (Partai Demokrat), Hidayat Nurwahid (PKS), dan Oesman Sapta Odang (DPD).

Sedangkan Kelompok DPD menyampaikan menerima semua usulan fraksi partai politik yang mengajukan Oesman Sapta Odang sebagai calon pimpinan MPR. Sejumlah anggota DPD sempat mengarahkan anggota DPD lainnya untuk mendukung paket usulan Koalisi Indonesia Hebat, namun segera ada anggota DPD yang mengingatkan bahwa DPD tidak menyepakati adanya dukungan pada salah satu paket, Setiap anggota DPD bebas memilih salah satu dari kedua paket itu. (JIBI/Solopos/Antara)

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif