Jogja
Selasa, 7 Oktober 2014 - 23:40 WIB

Mengebor Beberapa Hari, Warga Nglipar Akhirnya Dapat Air Bersih

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyaluran air bersih. (Burhan Aris N./JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Krisis air bersih membuat warga Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Ngilpar, membuat sumur bor secara swadaya.

Sayangnya, warga belum bisa menikmati aliran air secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan sarana pendukung.

Advertisement

Kepala Dusun Sriten Warno mengatakan, lokasi yang dipilih untuk pengeboran terletak di perbatasan antara Dusun Sriten dan Dusun Ngangkruk, Desa Pilangrejo. Pengeboran dilakukan dalam berberapa hari. Ternyata, jerih payah warga membuahkan hasil. Sebab, dari sumur itu telah menghasilkan air yang sangat jernih.

“Kualitas air bagus dengan debit yang cukup banyak,” kata Warno, Senin (6/10/2014).

Advertisement

“Kualitas air bagus dengan debit yang cukup banyak,” kata Warno, Senin (6/10/2014).

Dia menjelaskan lokasi pegeboran dipilih di wilayah perbatasan. Sebab, di kedua dusun memiliki masalah yang sama, yakni saat musim kemarau warga kesulitan mendapatkan air.

“Kami memiliki masalah yang sama. Jadi, lokasi yang dipilih di wilayah perbatasan, sehingga warga di kedua dusun dapat menikmati hasil dari sumur tersebut,” ungkap dia.

Advertisement

“Secara fisik memang sudah jadi. Tapi, kami masih butuh alat pemompa, saluran pipanisasi dan bak penampungan. Andaikan peralatan tersebut ada, maka krisis air bisa dikurangi,” kata dia lagi.

Dia mengakui hingga saat ini bantuan pemerintah masih minim. Menurut dia, salah satu faktor wilayah kekurangan dropping air dikarenakan akses jalan yang kurang memadai. Padahal, di dua dusun terdapat sekitar 3.000 warga yang kesulitan air.

Sebelumnya, Warga Dusun Ngangkruk harus menempuh medan berbahaya untuk mendapatkan air bersih. Tak jarang, demi memenuhi kebutuhan air warga menggunakan air sungai.

Advertisement

Salah seorang warga, Manto Wiyono mengakui saat ini tempat tinggalnya mulai kesulitan air bersih. Sumur-sumur warga tak lagi bisa diandalkan. Guna mencukupi kebutuhan air, banyak warga yang memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

“Terpaksa kami menggunakan air sungai. Tapi, itu hanya untuk aktivitas mandi dan mencuci,” katanya.

Untuk pemenuhan air bersih, warga Ngankruk terbagi dalam dua lokasi. Untuk Ngangkruk bawah, biasanya warga mengambil air bersih dari Dusun Sriten. Sementara untuk warga Ngangkruk atas mengambil air di wilayah Nglinduk (masuk wilayah Kecamatan Ngawen).

Advertisement

“Kami terpaksa, karena saat ini air bersih susah untuk didapatkan. Untuk pengambilan air di Nglinduk, warga harus berjalan kaki melewati bibir jurang,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif