Jateng
Selasa, 7 Oktober 2014 - 16:50 WIB

KEBUTUHAN AIR BERSIH : Dunia Usaha Harus Ikut Peduli

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Dunia usaha perlu memperhatikan ketersediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui program sosial perusahaan (CSR), ujar Koordinator Regional Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (Iuwash) Jateng Jefry Budiman.

Advertisement

“Menurut hasil studi yang kami terima, pada tahun 2025 mendatang neraca air bersih di Indonesia sangat kurang sehingga ketersediaan air bersih tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya di sela-sela pembukaan workshop pembangunan sektor air bersih di Semarang, Selasa (7/10/2014).

Oleh karena itu, pihaknya menilai sumber air bersih harus diselamatkan. Upaya penyelamatan sumber air bersih itu sendiri tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah tetapi juga perlu peran dari dunia usaha.

“Melalui forum CSR ini kami berupaya mengajak dunia bisnis agar lebih peduli, selain untuk ketersediaan air bersih juga sanitasi dan menghadapi adaptasi perubahan iklim seperti yang terjadi saat ini,” jelasnya seperti dikutip Antara.

Advertisement

Beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh dunia usaha di antaranya mengembangkan sistem reboisasi, sumur resapan dan biopori.

Menurutnya, untuk membangun sistem tersebut harus diawali dengan kajian, jangan sampai pembangunan menjadi sia-sia karena kajian yang tidak dilakukan secara optimal.

Sementara itu, Asisten Kesra Provinsi Jateng Djoko Sutrisno mengatakan menurut Undang- Undang No 40 pasal 27/2007 tentang perseroan terbatas mengatur bawah setiap usaha yang terkait dengan sumber daya alam wajib melakukan CSR.

Advertisement

“Kebutuhan air bersih terutama untuk konsumsi air minum dan sanitasi sendiri merupakan salah satu kebutuhan mendesak yang dibutuhkan oleh masyarakat di Jawa Tengah,” ujarnya.

Menurutnya, kebutuhan tersebut tidak semuanya bisa dipenuhi oleh Pemerintah karena terbatasnya APBN dan APBD untuk realisasi akses air bersih.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif