Sport
Selasa, 7 Oktober 2014 - 04:10 WIB

ASIAN GAMES 2018 : Persiapkan Asian Games, Indonesia Didampingi Tiongkok, Qatar dan Korsel

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rita Subowo (JIBI/Harian Jogja/Antara)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia Rita Subowo mengatakan tiga negara yakni Qatar, Tiongkok, dan Korea Selatan akan mendampingi Indonesia dalam persiapan menjadi penyelenggara Asian Games 2018.

Advertisement

“Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962 jadi membutuhkan pendampingan dari negara yang belum lama ini jadi penyelenggara. Setidaknya berbagi pengalaman bagaimana caranya bisa sukses,” kata Rita dalam seminar “Ayo Bangkit Olahraga Indonesia” di Jakarta, Senin (6/10/2014).

Ia mengemukakan, Indonesia yang ditetapkan sebagai tuan rumah pada AG dan berkeinginan menuai dua sukses sekaligus yakni di bidang penyelenggaraan dan prestasi.

“National Olympic Committees (NOC) sendiri secara khusus meminta Tiongkok dan Korea untuk membagikan ilmunya ke Indonesia mengenai bagaimana membina atlet dalam empat tahun ke depan agar berprestasi,” kata dia.

Advertisement

Menurut Rita, menuai sukses prestasi itu akan menjadi bagian terberat dalam penyelenggaraan Asian Games, selain mempersiapkan infrastruktur dan panitia pelaksana.

“Saat SEA Games 2011, pemerintah meminta sukses penyelengaraan dan prestasi dan bisa tercapai karena lobi untuk cabang olahraga yang dipertandingkan bisa dilakukan oleh tuan rumah. Tapi untuk Asian Games, tidak bisa lagi,” ujar dia.

Ia menerangkan, Asian Games telah memiliki formula mengenai jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan yakni hanya 28 karena merujuk pada penyelenggaraan olimpiade. Selain itu, terdapat tiga negara yang memilih hak prerogatif untuk menolak keputusan tuan rumah.

Advertisement

“Inilah tantangan, tapi kita harus tetap optimistis meski capaian pada Asian Games di Incheon kurang memuaskan,” kata dia.

Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Pada penyelenggaraan ajang olahraga paling bergengsi antarnegara Asia ini, pemerintah berencana menggelar di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan.

Sementara, pada Asian Games di Inchoen, Indonesia berada pada urutan 17 dengan meraih 4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif