Sport
Senin, 6 Oktober 2014 - 14:10 WIB

GP Formula One : Ingin Samai Rekor Nigel Mansell, Hamilton Tinggal Butuh Satu Kemenangan

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lewis Hamilton (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Kemenangan di GP Suzuka membuat Lewis Hamilton menjadi pebalap ketujuh dalam sejarah F1 yang sukses menembus 30 kemenangan. Jika berhasil menang sekali lagi saja ia akan menyamai Nigel Mansell, pemegang rekor jumlah kemenangan untuk pebalap dari Inggris Raya.

Advertisement

Hamilton meraih kemenangan di Suzuka, Minggu (6/10/2014), sekaligus menambah keunggulannya di puncak klasemen atas rekan setimnya di Mercedes sekaligus pengejar terdekatnya, Nico Rosberg, menjadi 10 poin. Hasil itu juga membuat Hamilton sudah memenangi tiga balapan terakhir musim ini.

Namun demikian, Hamilton tak menyambut kemenangan teranyarnya itu dengan terlalu gembira. Pasalnya GP Jepang juga diwarnai insiden crash-nya Jules Bianchi yang mengalami cedera serius dan mesti naik meja operasi.

“Ini jelas benar-benar sebuah anti-klimaks mendengar salah satu rekan kolega kami cedera serius jadi itulah kerisauan utamanya,” kata Hamilton kepada BBC.

Advertisement

Untuk Hamilton kemenangan tersebut merupakan yang ke-30 dalam kariernya di balapan grand prix F1. Ia merupakan orang ketujuh yang berhasil melakukannya setelah Mansell/Inggris Raya (31), Fernando Alonso/Spanyol (32), Sebastian Vettel/Jerman (39), Ayrton Senna/Brasil (41), Alain Prost/Prancis (51), dan Michael Schumacher/Jerman (91).

Menilik hal tersebut maka Hamilton tinggal butuh satu kemenangan untuk bisa menyamai torehan Mansell. Bahkan jika mampu meraih dua kemenangan lagi maka ia akan menjadi pebalap Inggris Raya dengan jumlah kemenangan terbanyak di sejarah F1.

Hamilton sendiri sudah meraih delapan kemenangan dari 15 seri musim ini. Sebelum ini ia baru bisa mencapai jumlah kemenangan serupa dengan menggabungkan hasil di tiga musim terakhir.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif