News
Senin, 6 Oktober 2014 - 14:30 WIB

ANGGOTA TNI DITEMBAK BRIMOB : Kompolnas: Tembakan Brimob Saat Penggerebekan Murni Pembelaan Diri

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakapolri menjenguk anggota Batalyon Infanteri 134/TS, Selasa (23/9/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Iklil Faiz)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Kepolisian Negara (Kompolnas) menegaskan tembakan yang dikeluarkan oleh Brimob Kepri pada saat penggerebekan gudang penimbunan BBM di Batam beberapa waktu lalu murni sebagai upaya pembelaan diri.

Hal tersebut didapat dari olah lapangan yang dilakukan tim dari Kompolnas. Komisioner Kompolnas, M. Nasser, mengatakan tembakan tersebut keluar karena adanya kepungan massa, disertai dengan pukulan dan perusakan mobil yang di dalamnya terdapat dua tersangka, N dan H, serta lima anggota Polri.

Advertisement

“Polisi mengeluarkan tembakan sebagai usaha menyelamatkan diri sekaligus menghindari terjadi clash yang lebih besar,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (6/10/2014).

Tembakan itu pun, katanya, sebagai tembakan peringatan yang dilepaskan ke tanah, yang berujung pada terpantulnya peluru atau recoset sehingga mengenai beberapa anggota TNI. “Nah ini perlu didalami apakah menyalahi prosedur,” paparnya.

Kemudian, untuk insiden penembakan yang terjadi di depan Mako Brimob Kepri, M. Nasser menyampaikan hal itu dipicu adanya pemukulan dan penyerangan pada komandan jaga Mako Brimob saat itu yang kemudian berkembang menjadi perkelahian dan tawuran di depan pos penjagaan Mako.

Advertisement

Setelah mempelajari dokumen visum et repertum (VER) korban penembakan lebih lanjut, Kompolnas menyimpulkan hampir semua luka pada korban adalah luka robek dan lecet dengan tepi pinggir tidak rata, akibat terkena recoset.

Seperti yang diketahui, empat anggota TNI dilaporkan terluka atas insiden yang terjadi pada 21 September lalu itu. Keempat anggota TNI itu ialah Praka Eka Basri, Pratu Ari Kusdiyanto, Prada Hari sulistiyo, dan Pratu Eka Syahputra.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif