Lifestyle
Sabtu, 4 Oktober 2014 - 22:30 WIB

KULINER SOLO : Tengkleng Pasar Klewer Hadir di Pasaraya Blok M Jakarta

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kuliner Solo di Pasaraya Blok M Jakarta (Reni Efita H/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA–Anda yang tinggal di Jakarta kangen masakan tengkleng? Kuliner Solo tersebut kini hadir di Jakarta.

Kini dengan hadirnya pasar Klewer di Pasaraya Blok M Jakarta, juga dihadirkan beragam kuliner khas Solo.

Advertisement

Pasaraya menghadirkan Festival Kuliner Indonesia dengan menyajikan makanan dan minuman dari daerah-daerah penghasil batik. Festival tersebut berlangsung sampai 2 November.

Selain masakan Solo, disana juga dihadirkan berbagai makanan khas Yogyakarta, Cirebon, dan Semarang.

Makanan dari khas Solo antara lain sarabi, nasi liwet, tengleng Mbak Diah , selat, angringan, timlo dan Iga Mawarni.

Advertisement

Lalu makanan khas dari Cirebon antara lain empal gentong, nasi jamblang, nasi lengko, tahu gejrot, tape bakar kinca durian, tape bakar keju coklat, tape bakar kacang coklat Mang Dadang.

Sedangkan makanan khas Yogyakarta antara lain mie Kadin, iga bakar, sate kikil, bakpia pathok, burung dara, terang bulan, gudeg Yu’Jimah.

Banyak pedagang kuliner itu didatangkan dari daerah asalnya. Tengkleng Mba Diah, misalnya, khusus didatangkan dari Solo. Masakan tengkleng tersebut sudah terkenal sejak lama. Dia memperlihatkan beberapa foto pejabat terkenal yang menikmani tengkleng itu. Diah, 62, mengatakan usaha tersebut merupakan usaha turunan dari eyangnya dan sudah mulai sejak tahun 50-an.

Advertisement

Masakan tengkleng merupakan iga kambing yang dimasak sampai empuk dengan bumbu-bumbu dan sedikit santan. Kuahnya tidak sekental gulai.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif