Teknologi
Sabtu, 4 Oktober 2014 - 15:50 WIB

EKSPANSI TWITTER : Twitter Bangun Laboratorium Senilai Rp121 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, LONDON — Tak hanya digunakan untuk sarana komunikasi dan pesan, Twitter juga banyak digunakan orang untuk menyampaikan aspirasi dan bahkan dimanfaatkan untuk mengorganisir protes di negara-negara tertindas.

Advertisement

Untuk mengetahui asal mula dan bagaimana sebuah pesan dapat menyebar secara luas, Twitter memberikan dana sebesar US$ 10 juta atau sekitar Rp121 miliar kepada Massachusetts Institute of Technology (MIT) guna meneliti hal tersebut dan membangun laboratorium ‘Laboratory of Social Machines’.

Selama lima tahun ke depan, peneliti MIT akan menganalisis sebagian besar konten yang ada pada Twitter, Reddit, dan forum online lainnya guna membangun alat komunikasi baru untuk jurnalis, ahli kebijakan, dan peneliti yang dapat digunakan untuk mengungkap pola-pola baru dan tren.

Liputan6.com yang mengutip laman Daily Mail, Sabtu (4/10/2014) melaporkan, di Laboratory of Social Machines para ilmuwan akan mengakses data dari Gnip, sebuah website milik Twitter yang menyimpan semua database kicauan para pengguna Twitter.

Advertisement

“Twitter memiliki peran khusus untuk bermain dalam konsep perubahan sosial,” kata profesor MIT Media Lab, Dep Roy. Ia berharap melalui penelitian ini timnya dapat memahami seberapa jauh pengaruh dari pesan online, asal-usul rumor, opini, dan ide-ide yang beredar di Twitter.

Sementara CEO Twitter Dick Costolo mengatakan, melalui penelitian ini pihaknya dapat lebih memahami peran Twitter dan platform lainnya dalam berkomunikasi, efek dari komunikasi yang cepat, dan menerapkan temuan tersebut kepada isu-isu sosial yang kompleks.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif