Jogja
Jumat, 3 Oktober 2014 - 19:40 WIB

Kemenag Kulonprogo Imbau Penyembelihan Hewan Kurban Serentak Minggu

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO– Sebagian umat muslim di Kulonprogo akan melaksanakan salat Idul Adha, Sabtu (4/10/2014) di Alun-alun Wates. Namun, Kantor Kementerian Agama mengimbau penyembelihan hewan kurban agar dilakukan serentak Minggu (5/10/2014).

Dari pantauan Harianjogja.com, Jumat (3/10/2014), Alun-alun Wates telah dipersiapkan untuk menyambut salat Idul Adha. Penyemprotan kawasan alun-alun juga dilakukan, termasuk pembersihan dan penentuan shaf salat.

Advertisement

Kepala Kantor Kementerian Agama Kulonprogo Edhi Gunawan mengungkapkan, pemerintah telah menetapkan pelaksanaan shalat Idul Adha jatuh pada tanggal 5 Oktober, namun semua tergantung masyarakat yang akan melaksanakannya.

Imbauan pelaksanaan kurban yang diharapkan dapat dilakukan serempak pada hari Minggu, bertujuan agar tidak menimbulkan kesenjangan di masyarakat.

“Nanti kalau ada yang salat Sabtu, lalu menyembelih hewan kurban hari itu juga pasti akan ada rasa yang tidak enak dengan warga lain. Mungkin besok juga masih ada yang puasa. Kalau bisa hal-hal seperti itu kami hindari,” jelas Edhi.

Advertisement

Lebih lanjut Edhi memaparkan, pelaksanaan kurban tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, jumlah hewan yang disembelih diprediksi turun.

Dia mengungkapkan, kondisi ekonomi saat ini sedang kurang begitu baik, sehingga warga yang berkurban kemungkinan juga berkurang.

“Selain dari kondisi ekonomi warga, harga jual hewan kurban seperti sapi juga mahal. Minat beli masyarakat sedikit agak berat,” tandas Edhi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif