Sport
Kamis, 2 Oktober 2014 - 04:09 WIB

Sujud Syukur, Atlet American Football Malah Dapat Hukuman

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Selebrasi Sujud Syukur Husain Abdullah (Twitter)

Solopos.com, NEW YORK-–Selebrasi sujud syukur atlet America Football, Husain Abdullah berbuah hukuman dari NFL. Menui banyak protes NFL akhirnya meminta maaf.

Husain Abdullah sedang jadi perbincangan hangat di AS. Pemain Kansas City Chiefs ini melakukan sujud syukur usai melakukan touchdown di kuartet keempat saat berhadapan dengan New England Patriots, Senin (29/9/2014).

Advertisement

Dia berlari ke peinggir lapangan sambil bersujud. Salah seorang fans sempat mendapatkan gambar sujud syujur Husain, sebelum akhirnya aksi ini diganjar hukuman.

Wasit memberikan hukuman penalti 15 yard kepada Abdullah karena dianggap melakukan tindakan tidak sportif. Hukuman yang diterima Abdullah ini menjadi perbincangan di media sosial. Sebab banyak pemain NFL yang beragama Nasrani juga melakukan selebrasi sambil berdoa.

Akun Twitter @TheMuslimGuy langsung membandingkan selebrasi sujud syukur Abdullah dengan yang dilakukan Brandon Marshall yang tidak terkena hukuman walau sama-sama berlutut di pinggir lapangan.

Advertisement

Seperti dilansir Mirror.co.uk, Selasa (30/9/2014), wasit bersikukuh Husain telah melakukan pelanggaran sesuai peraturan NFL. Hukuman serupa pernah diganjar pada Nick Collins dengan penalti 15 yard karena menampilkan selebrasi sekuler saat Super Bowl XLV.

Ada pula yang menduga wasit menjatuhkan hukuman karena belum terbiasa dengan kebiasaan Muslim atau tak mengetahui maksud selebrasi Abdullah.

Abdullah selama ini dikenal sebagai pemeluk Islam yang taat. Pria 29 tahun ini pernah memilih absen di musim 2012 untuk menunaikan ibadah haji bersama saudaranya Hamza, yang juga seorang pemain NFL.

Advertisement

Belakangan NFL meminta maaf dengan hukuman itu. NFL menyatakan Abdullah tidak seharusnya dihukum karena berdoa dipinggir lapangan.

“Husain Abdullah tidak seharusnya dihukum untuk perilaku tidak sportif menyusul touchdown yang dilakukannya di kuarter keempat. Wasit tidak mengibarkan bendera kepada pemain yang berlutut karena alasan agama,” demikian pernyataan juru bicara NFL, Michael Signora seperti dilansir Reuters, Selasa.

Peraturan NFL memang melarang pemain melakukan perayaan berlebihan dan selebrasi di tanah. Namun wasit nampaknya tidak melihat Abdullah bersujud di pinggir lapangan. Abdullah sendiri setelah pertandingan menduga dirinya terkena hukuman karena melakukan selebrasi meluncur ke tanah bukan karena sujud syukur.

Abdullah mengaku sponton melakukan selebrasi sujud syukur karena sangat bersemangat setelah mencetak touchdown kedua dalam enam tahun kariernya di NFL.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif