Teknologi
Kamis, 2 Oktober 2014 - 10:00 WIB

PENEMUAN BARU : Inilah Misteri Temuan Mumi Mesir dengan Pembuluh Otak

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Temuan mumi Mesir dengan pembuluh otak (livescience.com)

Solopos.com, SOLO – Misteri peradaban kuno di Mesir memang tiada pernah ada habisnya. Peneliti kembali menemukan mumi langka lengkap dengan pembuluh darah di sekitar otak yang masih utuh. Temuan ini membuat peneliti bertanya-tanya mengenai maksud pengawetan bagian dari otak tersebut.

Saat diteliti, peneliti menyimpulkan bahwa mumi tersebut merupakan seseorang pria yang hidup sekitar 2.000 tahun yang lalu. dilansir Live Science, Senin (29/9/2014), mumi tersebut hidup di antara Periode Akhir hingga Periode Ptolemaic (550-150 SM) di Mesir. penemuan ini sekaligus menjadi temuan mumi tertua yang masih lengkap dengan penemuan otaknya.

Advertisement

“Ini adalah kasus tertua dari mumi dengan pembuluh darah yang berhasil ditemukan,” ujar rekan dari penulis studi, Dr Albert Isidro kepada Live Science.

Mumi tersebut ditemukan pada tahun 2010 lalu bersana dengan 50 mumi lainnya di areal pemakaman Kom al-Ahmar/Sharuna di Mesir.

Berbeda dari temuan lainnya, salah satu mumi pria tersebut masih terdapat pembuluh otak dengan anatomi yang masih lengkap walaupun telah berabad-abad. Jejak pembuluh otak tersebut diawetkan dengan lapisan zat pengawet selama proses mumifikasi untuk melapisi bagian dalam tengkorak.

Advertisement

“Ini adalah temuan yang benar-benar luar biasa dan kasus yang menarik,” tulis para peneliti dalam laporan mereka yang diterbitkan 19 September 2014 dalam jurnal Cortex.

Biasanya selama proses mumifikasi, orang Mesir selalu membuang bagian otaknya melalui hidung. Kemudian tengkorak dibersihkan dan diisi dengan zat pengawet. Dalam kasus ini, peneliti belum bisa menyipulkan mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Salah satu kemungkinan adalah kondisi umum seperti suhu atau keasaman dan pengawet bisa menjadi penyebab pembuluh otak dimumi tersebut masih terawetkan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif