Jateng
Kamis, 2 Oktober 2014 - 00:50 WIB

KEBIJAKAN DAERAH : Pemkot Bongkar Replika Kapal Cheng Ho Pertengahan Oktober

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (portalsemarang.com)

Ilustrasi (portalsemarang.com)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Pemerintah Kota Semarang menjadwalkan pembongkaran replika kapal Cheng Ho di depan Klenteng Tay Kak Sie Semarang pada pertengahan Oktober 2014.

Advertisement

“Pembongkaran [replika kapal Cheng Ho] akan dilakukan dua minggu lagi,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (PP) Kota Semarang Endro Pudyo Martanto seperti dikutip Antara, Rabu (1/10/2014).

Replika kapal Cheng Ho di depan Kelenteng Tay Kak Sie Semarang dipermasalahkan berbagai pihak karena keberadaannya yang di atas aliran Kali Semarang mengganggu sistem drainase dan aliran sungai.

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, di antaranya Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air-Energi Sumber Daya Mineral (PSDA-ESDM) untuk pembongkaran tersebut.

Advertisement

Pembongkaran replika kapal Cheng Ho, kata dia, juga akan diiringi dengan penertiban bangunan-bangunan liar di bantaran Kali Semarang untuk mengoptimalkan aliran air sungai.

“Selama ini, pihak yayasan (Yayasan Tak Kak Sie, red.) tidak merespons untuk membongkar sendiri replika kapal itu. Padahal, kegiatan normalisasi sungai dilakukan Oktober ini,” kata Endro.

Pembongkaran replika kapal Cheng Ho sudah dijadwalkan sejak dua bulan lalu, setelah Pemkot Semarang memberikan tenggat waktu yayasan untuk membongkar sendiri selambatnya akhir Agustus 2014.

Advertisement

Jika yayasan tidak membongkar sendiri hingga batas waktu yang ditentukan maka Pemkot Semarang yang akan membongkar, tetapi hingga akhir September 2014 ternyata tak kunjung dibongkar.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Trihananto mengatakan pembongkaran tentunya memerlukan persiapan dari segi waktu dan tenaga, apalagi diiringi

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif