News
Rabu, 1 Oktober 2014 - 09:37 WIB

SOLOPOS HARI INI : Soloraya Hari Ini: Orang Misterius Bakar Enam Kios hingga Kenaikan UMK Solo

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Rabu, 1 Oktober 2014

Solopos.com, SOLO – UMK Solo 2015 jadi berita utama Halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini, Rabu (1/10/2014). UMK diusulkan senilai Rp1.199.550 per bulan atau lebih tinggi daripada hasil survei kebutuhan hidup layak (KHL). Besaran UMK ini mengalami kenaikan senilai Rp54.550 dibandingkan tahun ini.

Kabar lain, Enam kios di tepi Jl. Slamet Riyadi, tepatnya di selatan Tyfountex, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, diduga dibakar orang tak dikenal, Selasa (30/9/2014) sekitar pukul 02.00 WIB.

Advertisement

Simak rangkuman berita Soloraya Harian Umum Solopos edisi Rabu, 1 Oktober 2014, berikut;

PERISTIWA KEBAKARAN: Orang Misterius Bakar Enam Kios

Advertisement

PERISTIWA KEBAKARAN: Orang Misterius Bakar Enam Kios

Enam kios di tepi Jl. Slamet Riyadi, tepatnya di selatan Tyfountex, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, diduga dibakar orang tak dikenal, Selasa (30/9) sekitar pukul 02.00 WIB.

Sejumlah saksi mata menyebutkan pelaku mengendari mobil Honda Jazz berwarna putih. Informasi yang dihimpun Espos di lokasi kejadian menyebutkan enam kios yang dilumat si jago merah tak menyisakan apa-apa, selain abu dan arang. Beruntung, sejumlah orang yang tidur di dalam kios tak ikut terbakar. Mereka berhasil meloloskan diri setelah rekan-rekan serta warga yang mengetahui adanya kebakaran itu lekas mendobrak pintu kios.

Advertisement

Dia mendapat informasi dari sejumlah saksi pelaku pembakaran adalah beberapa pria yang mengendarai Honda Jazz putih. Mereka, imbuh Sulis, mendatangi salah satu kios sekitar pukul 02.00 WIB, kemudian melempar botol berisi cairan bahan bakar sambil menyulut api.

Dalam sekejap api langsung berkobar. Setelah itu, para pelaku langsung kabur. ”Adik saya masih tertidur di dalam kios dan enggak tahu kalau ada kebakaran. Dia baru bangun setelah warga mendobrak pintu kios,” ujar dia saat ditemui Espos di lokasi kejadian.

GAJI BURUH: UMK Solo Diusulkan Senilai Rp1.199.550

Advertisement

Upah minimum kota (UMK) Solo 2015 diusulkan senilai Rp1.199.550 per bulan atau lebih tinggi daripada hasil survei kebutuhan hidup layak (KHL). Besaran UMK ini mengalami kenaikan senilai Rp54.550 dibandingkan tahun ini.

Angka ini muncul setelah disepakati oleh Dewan Pengupahan yang terdiri atas perwakilan buruh dan perusahaan. Usulan angka UMK ini sudah ditandatangani Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo untuk kemudian diajukan ke Gubernur Jawa Tengah.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Solo, Sumartono Kardjo, ketika ditemui wartawan di Balai Kota, Selasa (30/9), mengatakan telah merampungkan pembahasan UMK dan telah ditandatangani Wali Kota.

Advertisement

Nominal UMK yang diusulkan tersebut mengalami kenaikan Rp54.550 dibandingkan tahun ini yang ditetapkan senilai Rp1.145.000. “Angka UMK 2015 sudah ditetapkan Rp1.199.550 dan akan diajukan ke Gubernur Jawa Tengah untuk ditetapkan,” kata dia.

Sebelumnya, ujar Sumartono, Dewan Pengupahan telah merampungkan pembahasan hasil survei angka KHL sebagai salah satu patokan penetapan angka UMK 2015. Hasilnya, hasil survei KHL adalah senilai Rp1.199.545, atau berselisih Rp5 dari nilai UMK yang bakal diusulkan ke Gubernur.

“Ada 60 komponen yang menjadi acuan dalam survei KHL. Survei tersebut dilakukan sebagai salah satu tahapan untuk menentukan UMK tahun 2015,” ujar dia.

(Baca Juga: UMK Solo Naik Rp54.000-an Jadi Rp1.199.550)

KEGIATAN SEKOLAH: Kenalkan Hewan Peliharaan Melalui Outing Class

Belasan anak-anak berjalan memasuki salah satu gang di Kampung Batik Laweyan, Solo, Selasa (30/9). Mereka lantas masuk ke salah satu rumah bergerbang besi, dengan plakat bertuliskan Omah Pus Solo.

Rumah tersebut ternyata adalah tempat penitipan hewan. Namun anak-anak dari Playgroup Taman Azhar, Al Azhar Shifa Budi, Solo, tersebut datang bukan untuk menitipkan hewan peliharaan mereka.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif