News
Rabu, 1 Oktober 2014 - 22:29 WIB

PENEMUAN BARU : Gua Terbesar di Dunia Ditemukan di Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu ruangan di gua Miao Room (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Tiongkok berhasil menemukan gua terbesar di dunia. Memiliki volume 10.780.000 meter kubik, gua Miao Room kini berpredikat sebagai gua terbesar di dunia mengalahkan rekor terdahulunya, Sarawak Chamber yang tertelak di Malaysia dengan selisih 10 persen.

Dilanisir Daily Mail, Rabu (1/10/2014), gua tersebut teletak di Ziyun Getu He Chuandong National Park dekat Guiyang, Tiongkok. Kali pertama gua tersebut didokumentasikan oleh tim geologi Eropa-Tiongkok pada tahun 1989. Tapi kepastian ukuran gua tersebut baru saja terungkap setelah para ahli dari Universitas di Inggris mengukur volume gua yang sebenarnya.

Advertisement

“Bagi saya, ini seperti menemukan bahwa K2 [puncak Himalaya] lebih besar dari Everest,” ujar Tim Allen, salah satu pemimpin ekspedisi kepada National Geographic.

Besarnya ukuran gua tersebut bahkan dapat digunakan untuk menyembunyikan pesawat jenis Boeing 747.  Gua tersebut terletak sekitar 100 meter di bawah tanah dan memiliki stalagmit setinggi 148 kaki atau 45 meter sehingga menjadikan gua ini sebagai salah gua satu terbesar di dunia.

Gua ini terbentuk dalam waktu 600 juta tahun di bawah tanah dari lapisan sedimen batu kapur. Saat hujan, air sungai yang mengalir melalui ruangan gua menjadikan gua tersebut semakin dalam.

Advertisement

Saat ditemukan, gua tersebut memiliki dua kamar berkubah besar dengan ukuran 852 meter. Gua ini masih dalam proses eksplorasi lebih lanjut. Beberapa bagian dari gua masih belum diketahui, tapi peneliti menemukan beberapa tanda berwarna hitam di dalam gua.

Ilustrasi gua terbesar di dunia (Dailymail.co.uk)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif