News
Rabu, 1 Oktober 2014 - 13:59 WIB

KAREN AGUSTIAWAN MUNDUR : Inilah Sosok Plt. Dirut Pertamina Muhamad Husen

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Muhamad Husen (Istimewa/Pertamina.com)

Solopos.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) kini telah memiliki pengganti Karen Agustiawan yang mundur dari posisi Direktur Utama (Dirut) Pertamina. Adalah Direktur Hulu Pertamina, Muhamad Husen, yang terpilih untuk duduk di kursi panas pelaksana tugas (Plt) Dirut Pertamina. Siapakah dia?

Berdasarkan data jajaran direksi Pertamina di situs resmi Muhamad Husen merupakan alumnus Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang lulus pada 1984. Husen meraih gelar Master of Science (MSc) dari Universitas London pada 1989.

Advertisement

Muhamad Husen memulai karirnya di industri migas sebagai ahli geologi di divisi eksplorasi Lemigas pada 1984. Dia dipromosikan menjadi Head of Remote Sensing and GIS Studies Group dan Kepala Unit Pelayanan Teknik Lemigas Exploration.

Sebelum ditunjuk sebagai Direktur Hulu PT Pertamina, Husen pernah menjadi Kepala Divisi Lemigas Exploration pada 2001-2005 dan Asisten Deputi Perminyakan pada Bidang Energi Sumber Daya Mineral dan Kehutanan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dia juga sempat ditunjuk sebagai Komisaris PT Pertamina EP pada 1 Juli 2009.

“Dewan Komisaris menetapkan Muhamad Husen sebagai Plt Dirut Pertamina sampai ditetapkannya dirut definitif melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS),” kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir, usai menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Pertamina, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

Advertisement

Menurut Ali, keputusan penetapan Muhamad Husen sebagai Plt Dirut Pertamina sudah ditembuskan kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan sebagai kuasa pemegang saham perseroan itu. Selain sebagai Plt Dirut Pertamina, Muhamad Husen juga tetap menjalankan tugasnya Direktur Hulu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif