Jogja
Selasa, 30 September 2014 - 18:20 WIB

SLB G Daya Ananda Pamerkan Karya Siswa

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang siswa SLB G Daya Ananda melukis saat pameran hasil karya siswa digelar di Dusun Ganjuran, Desa Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Selasa (30/9/2014). (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN-Berbagai karya siswa SLB G Daya Ananda dipamerkan di Dusun Ganjuran, Desa Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Selasa (30/9/2014).

Tidak hanya pameran saja, beberapa siswa juga mendemonstrasikan pembuatan aneka kerajinan tangan.

Advertisement

Kepala SLB G Daya Ananda, Supriyanto mengungkapkan, memang tidak mudah membimbing dan mendampingi setiap siswa untuk berkarya. Namun, keterampilan yang terbentuk tidak hanya mengajarkan soal kemandirian, melainkan juga langkah rehabilitasi.

“Kami ada yang melukis, membatik, seni kriya, seni patung,” kata Supriyanto kepada wartawan.

Sebanyak 54 siswa SLB G Daya Ananda memiliki intelegensi yang jauh dibawah rata-rata. “Ada yang intelegensinya 20. Anak-anak kami ini multihandicap. Selain hambatan intelektual, disertai pula hambatan dalam fisik, perilaku, dan sebagainya,” papar Supriyanto.

Advertisement

Supriyanto menjelaskan, siswa-siswanya cenderung diarahkan ke pengembangan keterampilan. “Gerakan motorik menjadi kunci penting. Keterampilan yang kami ajarkan akan jadi kebiasaan sehingga hal itu bisa menjadi bekal menuju kemandirian,” ucapnya.

Hasil karya siswa SLB G Daya Amanda pun layak dijual. “Ada beberapa yang menarik perhatian tamu. Dulu pernah ada kain batik sepanjang 1,5 meter yang laku Rp1,5 juta. Kami juga coba bangun jaringan dengan berbagai pihak,” kata Supriyanto.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif