Teknologi
Selasa, 30 September 2014 - 09:00 WIB

KISAH MISTERI : 50 Simbol Misterius Terukir di Bentang Alam Kazakhstan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu geoglif di Kazakhstan berbentuk swastika (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Lebih dari 50 simbol misterius ditemukan terukir dengan indah di Kazakhstan bagian utara. Bentuk-bentuk unik tersebut mencakup lingkaran, swastika, salib, dan kotak dalam berbagai ukuran mulai dari 90 hingga 400 meter.

Biasa dikenal dengan sebutan geoglif, pola tersebut ditemukan dengan menggunakan aplikasi Google Earth. Peneliti kini tengah berupaya untuk mengungkapkan rincian tentang ritual kuno di daerah tersebut.

Advertisement

Salah satu pola berbentuk swastika yang identik dengan simbol Nazi. Simbol tersebut sebenarnya adalah sebuah simbol yang telah digunakan selama lebih dari 3.000 tahun lalu untuk menggambarkan kemakmuran dan kekuasan. Sedangkan dalam budaya Indo-Eropa, swastika dibuat pada seseorang untuk memberikan keberuntungan.

Dilansir Daily Mail, Senin (29/9/2014), arkeolog dari Universitas Kostanay, Kazakhstan dan Universitas Vilnius, Lithuania telah menggunakan radar untuk memahami struktur pola lebih mendalam. Setelah menggali situs, tim peneliti menemukan sisa-sisa bangunan kuno dan perapiaan, sehingga memperkuat dugaan lokasi untuk ritual.

“Sekarang kami hanya bisa mengatakan satu hal, geoglif dibangun oleh orang-orang kuno. Oleh siapa dan untuk tujuan apa tetap menjadi misteri,” ujar arkeolog Irina Shevnina dan Andrew Logvin kepada Live Science.

Advertisement

Tim peneliti tidak menyakini mengapa geoglif diciptakan, tetapi mereka mengatakan hal itu mungkin untuk menandai wilayah. Geoglif dapat ditemukan di seluruh dunia. Salah satu contoh paling terkenal adalah Peru Nazca Lines, Peru.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif