Sport
Selasa, 30 September 2014 - 01:30 WIB

JELANG GP F1 SUZUKA : Button Cemaskan Sirkuit Suzuka

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap Mc Laren Jason Button menghawatirkan kondisi sirkuit Suzuka. Ist/f1fanatic.co.uk

Solopos.com, SUZUKA — Sirkuit Suzuka menjadi momok menakutkan bagi para pembalap McLaren dalam pertarungan Grand Prix (GP) Jepang, Minggu (5/10/2014) nanti.

Pembalap McLaren, Jenson Button, menilai berpacu dalam kecepatan tinggi di sirkuit sepanjang 5.807 km itu tidak ideal untuk mobil Formula 1 (F1) 2014 yang didesain timnya. Sebab, mobil MP4-29 McLaren terlalu tak stabil jika dikendarai dalam kecepatan tinggi saat terjadi perubahan arah seperti fitur yang tersaji di Suzuka.

Advertisement

“Saya rasa lebih baik balapan di sirkuit dengan kecepatan natural tinggi tapi tidak memiliki perubahan arah yang terlalu besar, seperti di Brasil. Kalau untuk Suzuka, saya rasa akan menyulitkan kami,” ujar juara GP Jepang 2011 itu, seperti dilansir Auto Sports, Senin (29/9).

“Ini memalukan, khususnya untuk masa depan tim ini, karena balapan ini bisa jadi sangat menyulitkan tim kami. Namun, kami memiliki beberapa hal kecil yang bisa membantu,” imbuh Button.

Pembalap berpaspor Inggris itu meyakini kelemahan di sudut kecepatan tinggi adalah gejala dari downforce yang dialami McLaren sepanjang musim ini. “Daya penarik mobil menjadi masalah besar. Saat mobil kehilangan kestabilan juga sangat sulit. Dalam belokan kecepatan tinggi secara bertahap, kami sedikit lebih baik. Namun, di tikungan tajam, kami hilang kendali,” jelas Button.

Advertisement

“Untuk awal balapan, performa kami masih bagus. Tapi, saat mengubah arah dan pindah ke bagian tengah roda, kami kehilangan kecepatan. Ini adalah kelemahan yang harus segera di perbaiki tahun ini,” kata dia.

Menurut Button, kelemahan melanda timnya sebenarnya hanya dipicu persoalan downforce. “Kami memulai musim ini dengan mengetahui punya masalah downforce dan kami masih menanti sebuah mobil yang bisa dikemudikan dengan nyaman. Namun, masalahnya adalah kami perlu memulai memberi tekanan untuk membuat lawan lebih tegang, dan kami telah melakukan itu!,” tandas dia.

Jika mampu mengatasi seluruh masalah itu, Button yakin mampu meraih podium utama untuk McLaren di akhir musim. “Memburu podium tahun ini sangat sulit. Saya tidak yakin kami bisa meraih podium dengan cepat. Kami bisa lebih cepat meraih podium jika seluruh anggota tim tidak membuat kesalahan,” tutup dia. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif