Jateng
Senin, 29 September 2014 - 00:50 WIB

KRISIS AIR BERSIH : PWI Salurkan Bantuan Air Bersih

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ilustrasi (zywihworld.wordpress.com)

Kanalsemarang.com, BANYUMAS – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Banyumas, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan air bersih untuk warga Dusun Kalisetra, Desa Plangkapan, Kabupaten Banyumas.

Advertisement

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian kami bersama alumni SMA Negeri 2 Purwokerto angkatan 1984 terhadap warga yang mengalami krisis air bersih,” kata Ketua PWI Perwakilan Banyumas Sigit Oediarto di Desa Plangkapan, Tambak Banyumas, seperti dikutip Antara, Sabtu (27/9/2014).

Menurut dia, Dusun Kalisetra merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Banyumas yang selalu mengalami krisis air bersih, baik saat musim hujan maupun kemarau.

Oleh karena itu, kata dia, PWI Banyumas bersama alumni SMA Negeri 2 Purwokerto menyalurkan bantuan berupa dua tangki air bersih masing-masing berkapasitas 4.000 liter dan 50 karton air mineral.

Advertisement

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Banyumas memberikan perhatian dengan membangun sumur bor permanen dan instalasi pengolahan air minum di Kalisetra karena warga dusun ini sangat membutuhkan air bersih, tidak hanya saat musim kemarau, tetapi juga ketika musim hujan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Urusan Umum Desa Plangkapan Misran mengatakan bahwa sekitar 200 keluarga di Dusun Kalisetra selalu mengalami krisis air bersih karena berada di daerah cekungan yang lebih rendah dari permukaan laut.

Dengan demikian, kata dia, saat musim kemarau, sumur milik warga terintrusi air laut sehingga terasa payau dan berwarna kekuningan meskipun jarak Dusun Kalisetra dengan laut selatan Jateng sekitar 10 kilometer.

Advertisement

“Kalau musim hujan, warga memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif