Sport
Senin, 29 September 2014 - 18:41 WIB

ASIAN GAMES 2014 : Set I Ganda Campuran Tontowi/Liliyana Kalah 16-21

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tantowi/Liliyana punya modal untuk mengalahkan Zhang/Zhao di Final. Ist/Dok

Solopos.com, INCHEON–Perjuangan Indonesia memperoleh mendali emas Asian Games tengah dilakukan pasangan ganda campuran bulutangkis, Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir, Senin (29/9/2014) petang.

Disiarkan langsung RCTI dan TVRI, menghadapi pasangan rangking satu dunia asal Tiongkok, Zhang Nan/Zhao yunlei, Tantowi/Liliyana biasa dipanggil Owi/Butet kalah set I dengan poin 16-21.

Advertisement

Pasangan ganda campuran Indonesia tersebut di set pertama sempang unggul hingga poin 13-7, ganda campuran Tiongkok kemudian mengejar ketertinggalan, hingga dikejar 13-13. Tempo permainan cepat, smash-smash pasangan Tiongkok kurang mulus dikembalikan Owi. Hingga akhirnya pasangan Tiongkok unggul 18-14.

Tantowi/Liliyana sempat mengejar ketertinggalan menjadi 16-19. Namun, pasangan Tiongkok berhasil unggul kembali menjadi 20-16. Hingga akhirnya set I dimenangkan pasangan Tiongkok 21-16.

Advertisement

Tantowi/Liliyana sempat mengejar ketertinggalan menjadi 16-19. Namun, pasangan Tiongkok berhasil unggul kembali menjadi 20-16. Hingga akhirnya set I dimenangkan pasangan Tiongkok 21-16.

Nomor 1 Dunia
Sebagaimana diberitakan, ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menantang pasangan ranking satu dunia asal Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei, untuk memperebutkan medali emas Asian Games 2014.

Dalam urutan peringkat dunia, Owi/Butet, julukan Tontowi/Liliyana, memang tertinggal dari pasangan terbaik asal Negeri Tirai Bambu itu. Namun, mereka masih memiliki cukup modal untuk menantang Zhang/Zhao dengan rekor pertemuan imbang, yakni lima kali menang dan lima kali kalah.

Advertisement

“Sekarang saya anggap nol-nol setelah pertemuan terakhir di All England kami menang, kini rekor kami sama lima kali menang lima kali kalah,” kata Liliyana, seperti dilansir Antara, Minggu (28/9).

Owi/Butet melaju ke final dengan cukup mulus saat melibas duet Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin, di babak semifinal, Minggu. Mereka mengunci kemenangan dalam dua set langsung, 21-12 dan 21-10.

Lilyana mengaku tidak menyangka bisa menang mudah atas Xu Chen/Ma Jin di semifinal. Menurutnya, kemenangan dua set itu cukup efektif untuk menghemat tenaga sebelum melakoni duel sengit kontra musuh bebuyutan mereka nanti.

Advertisement

“Saya tidak menyangka bisa menang gampang, biasanya kami ketat melawan mereka. Kemenangan kali ini menguntungkan kami, kami tidak terforsir dan tenaga bisa dipersiapkan untuk final besok [nanti],” kata dia.

Sayangnya, langkah mulus Owi/Butet tidak dapat diikuti oleh pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto, yang dikalahkan Zhang/Zhao dengan skor 19-21 dan 17-21. Tontowi mengaku kekalahan rekan kompatriotnya itu menjadi lecutan semangat untuk membalaskan dendam di partai final nanti.

“Dari kekalahan rekan kami, justru kami termotivasi dan tidak beban. Perasaan saya senang, tetapi belum puas kalau belum mendapat medali emas,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif