Teknologi
Jumat, 26 September 2014 - 09:30 WIB

PENEMUAN BARU : Kapsul Waktu Berusia 113 tahun Ditemukan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapsul waktu ditemukan di kepala patung singa Boston (Abcnews.com)

Solopos.com, BOSTON– Sejarawan dan konsevator Boston mencoba mencari tahu apa yang mereka yakini bahwa di dalam kepala patung singa yang terletak di atap bersejarah Old State House, Boston, Amerika Serikat terdapat sebuah data kuno kapsul waktu berusia 113 tahun.

Patung singa tersebut pun diturunkan demi memeriksa dugaan para sejarawan yang meyakini kapsul waktu telah ditempatkan di patung tersebut pada tahun 1901.

Advertisement

Setelah diturunkan, peneliti menemukan sebuah lubang kecil di kepala patung singa dan terdapat sebuah kotak tembaga kecil bersembunyi di sana.

Keyakinan peneliti didasarkan atas temuan sebuah atikel kuno dari tahun 1901 yang berjudul Lion and Unicorn. Dalam artikel tersebut disebutkan kotak kapsul waktu yang baru saja diselesaikan oleh tukang tembaga pada saat penulisan artikel tersebut akan ditempatkan di kepala singa.

Artikel tersebut juga menyebutkan bahwa kotak tersebut berisi mengenai kontribusi negara dan pejabat, surat kabar harian Boston dan nama pembuat patung singa. Data tersebut akan menjadi sangat menarik jika dibuka beberapa tahun kemudian.

Advertisement

“Banyak orang yang tidak berpikir data ini berada di sana. Kami meyakini setelah melihat rekaman kamera di kotak kamera,” ujar salah satu peneliti dari The Bostonian Society sebagaimana dilansir ABC News, Rabu (24/9/2014).

Pengangkatan kotak akan dilakukan dengan sangat hati-hati dengan memastikan metode terbaik yang harus mereka lakukan untuk mengambil kotak. Hal itu dilakukan mengingat kemungkinan kotak tersebut terlalu rapuh untuk diangkat jika menggunakan metode yang salah. namun masyarakat agaknya sudah tak sabar ingin mengetahui isi yang terdapat dalam kotak tersebut.

“Kami benar-benar ingin melihat isi kotak tersebut,” ujar masyarakat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif