Soloraya
Jumat, 26 September 2014 - 04:41 WIB

DPRD SUKOHARJO : Mobil Dinas Pimpinan Rp1,8 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mobil Dinas (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Sekretariat Dewan (Setwan) Sukoharjo telah menyiapkan mobil dinas (mobdin) untuk pimpinan DPRD baru sebanyak empat unit. Mobil tersebut terdiri atas satu unit Toyota Camry dan tiga Toyota Altis dengan total nilai kira-kira Rp1,8 miliar.

“Harga mobil Toyota Camry harganya Rp500 juta lebih, itu nanti akan dipakai Kestua DPRD. Sedangkan Toyota Altis yang akan dipakai untuk Wakil Ketua senilai Rp400 juta lebih. Dana untuk pengadaan empat mobdin itu berasal dari APBD 2014,” ujar Sekretaris DPRD Sukoharjo, Sriyono ketika ditemui wartawan di gedung DPRD Sukoharjo, Kamis (25/9/2014).

Advertisement

Menurut dia mobil yang akan digunakan untuk para wakil rakyat itu sudah disiapkan. Tapi mobdin tersebut masih dikandangkan karena hingga kini pimpinan DPRD definitif belum dilantik.

Dia menjelaskan mobdin tersebut telah siap sebelum pelantikan 8 September lalu. Tapi, mobdin belum dibagikan kepada pimpinan karena belum dilantik.

“Untuk sementara, empat mobdin tersebut disimpan di rumah dinas Ketua DPRD karena di Kantor DPRD tidak ada tempat untuk penyimpanan,” ujar dia.

Advertisement

Tunggu SK
Dia juga menjelaskan, saat ini calon pimpinan DPRD sudah diajukan ke Gubernur untuk mendapatkan SK. Dia berharap SK tersebut segera turun sehingga pelantikan bisa dilakukan. Nantinya, ketika pimpinan DPRD definitif sudah dilantik, yang bersangkutan berhak menggunakan fasilitas mobdin dan fasilitas lainnya.

Ditanya tentang empat mobdin lama, Sriyono mengaku sudah diserahkan ke Bidang Aset Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD). Karena pihaknya dinilai tak berwenang mengenai empat mobdin lama itu.

Soal mobdin tersebut akan dilelang atau digunakan oleh Pemkab, papar dia, pihaknya mengaku sudah bukan kewenangannya lagi. “Sudah kami serahkan ke aset Setda. Kami sudah tidak berwenang lagi,” kata dia.

Advertisement

Sebelumnya Kepala DPPKAD Sukoharjo, Widodo mengatakan, belum ada rencana melelang mobdin bekas pimpinan DPRD. Empat mobdin tersebut masih tercatat sebagai aset daerah dan sudah ada serah terima dari Setwan.

Tapi, ujar dia, terkait empat mobdin tersebut belum ada kebijakan apa pun, termasuk soal rencana melelang dan menghapus aset dimaksud dari daftar aset. “Mobil memang sudah diserahkan dari Setwan, tapi kami belum ada rencana untuk melelang,” papar Widodo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif