News
Kamis, 25 September 2014 - 04:00 WIB

HAJI 2014: 8 Jemaah Haji Asal Embarkasi Solo Meninggal Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat sewaan Garuda Indonesia melayani kelompok terbang pertama jemaah calon haji Embarkasi Solo, Senin (1/9/2014). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI—Panitia Penyelenggara Ibadah Haji menyatakan sampai saat ini Rabu (24/9/2014) ada delapan jamaah haji asal embarkasi Solo yang meninggal dunia di Arab Saudi.

Sebagian besar jamaah tersebut meninggal dunia karena sakit. Dua orang calon haji meninggal di pesawat menuju Jedah dan satu orang meninggal karena kecelakaan.

Advertisement

Ngadimin Amat Kariyo (56) asal Kulonproogo dari kloter 27, Duri Suryadi, 63, asal Kabupaten Pekalongan dari kloter 6, dan Mat Sehun (72) asal Banyumas dari kloter 47 meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi.

Warsian Naib, 75 dari kloter 17 asal Kabupaten Batang dan Kisworo Munadji, 64, asal Kabupaten Kendal dari kloter 30 tercatat meninggal di pemondokan mereka.

Jamaah yang meninggal dunia di perjalanan udara menuju Arab Saudi adalah Rusdi bin Said (52 tahun) asal Kabupaten Tegal dari kloter 7 dan Machtub Idris, 65 asal Kabupaten Pati dari kloter 39.

Advertisement

Satu orang jamaah yang meninggal dunia akibat kecelakaan adalah Mudjijem Amat Sadjilah, 73, asal Kabupaten Sleman yang tergabung dalam kloter 24. Mudjijem terjatuh kemudian terlindas ban belakang bus di terminal Al Ghaza Mekah dan meninggal di RSAS Mekah.

Petugas Humas PPIH Solo Badrus Salam mengatakan petugas PPIH di Arab Saudi telah mengabarkan keluarga semua jamaah yang meninggal dunia. Jenazah delapan jamaah tersebut akan dimakamkan di Arab Saudi.

“[Jenazah] tidak bisa dikembalikan ke Tanah Air. Jamaah yang meninggal di Arab Saudi harus dimakamkan di Arab Saudi juga,” kata Badrus, Rabu (24/9)

Advertisement

Keluarga jamaah yang wafat akan menerima santunan asuransi kematian dari PPIH Arab Saudi senilai Rp35,93 juta. Khusus bagi jamaah yang meninggal karena kecelakaan, santunan diberikan dua kali jumlah tersebut yaitu senilai Rp71,86 juta.

PPIH Solo sampai Selasa tengah malam (23/9) telah memberangkatkan 22.015 calon haji melalui Bandara Adi Soemarmo yang tergabung dalam kloter 1 sampai kloter 59 embarkasi Solo.

Kloter 60—62 dijadwalkan berangkat hari ini Rabu (24/9) pada pukul 12.55 WIB, pukul 21.30 WIB dan pukul 23.15 WIB. Kloter-kloter tersebut beranggotakan calon haji yang berasal dari Kabupaten Klaten, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Kebumen.

Advertisement
Kata Kunci : Embarkasi Solo Haji 2014
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif