News
Rabu, 24 September 2014 - 09:05 WIB

KISAH UNIK : Padmini Prakash, Pembaca Berita Transgender Pertama di India

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Padmini Prakash (Deccanchronicle.com)

Solopos.com, COUMBATORE – India menjadi salah satu negara di dunia yang menerima keberadaan kaum transgender. Hal ini dibuktikan dengan tampilnya Padmini Prakash, seorang transgender, sebagai penyiar berita di salah satu program berita di India.

Prakash menjadi penyiar berita transgender pertama di negara India di saluran bahasa Tamil yang berbasis di Coumbatore, Tamil Nadu, India. Dalam keseharianya, Prakash melakukan segala macam pekerjaan untuk memperjuangkan hak transgender. Ia diketahui menjadi seorang guru tari yang digunakan sebagai opera sabun dalam kontes kecantikan trangender.

Advertisement

Saat ini, Prakash memiliki pekerjaan baru, yakni sebagai penbaca berita di program berita Lotus News yang disiarkan mulai pukul 19.00 waktu setempat. “Kami mendukung Padmini karena dia sangat pekerja keras. Setelah uji coba awal, kami yakin bahwa dia memiliki potensi untuk menjadi pembaca berita yang sangat baik,” ujar Ketua Lotus News Channel GKS Selvakumar sebagaimana dilansir Washingtonpost.com, Senin (22/9/2014).

Prakas menjadi pembaca berita transgender pertama di negara itu setelah melakukan siaran perdananya pada Hari Kemerdekaan India, 15 Agustus 2014 lalu. Debut karier Prakas menjadi sebuah bukti negara tersebut telah menerima keberadaan trasgender setelah sebelumnya Makamah Agung  India memutuskan untuk mengakui jenis kelamin ketiga di bulan April 2014 lalu.

Transgender di India tidak hanya akan mendapatkan jaringan di pemerintahan. Putusan itu juga dapat memberikan perlindungan bagi individu transgender. Mereka tidak akan lagi mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan atau bahkan mendapat diskriminasi medis dari dokter yang menolak untuk merawat mereka. Mereka juga mendapat hak yang sama untuk mengadopsi anak.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif