News
Rabu, 24 September 2014 - 16:25 WIB

HEBOH PR MATEMATIKA ANAK SD DI FB : Ini yang Sebaiknya Dilakukan Guru Mendidik Siswa SD

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PR Matematika Anak SD yang Heboh di Facebook (facebook.com)

Solopos.com, JAKARTA–Heboh PR Matematika anak SD di Facebook menarik perhatian banyak pihak. Pemerhati perempuan dan anak Giwo Rubianto Wiyogo mengharapkan guru jangan terlalu kaku dalam mengajarkan Matematika pada tingkatan Sekolah Dasar (SD).

“Jadi memang anak perlu dikasih tahu prosesnya bukan hanya hasil, karena jika anak hanya diajari hasilnya anak akan berfikir instan,” ujar Giwo, Rabu (24/9/2014) sebagaimna dikutip Kantor Berita Antara.

Advertisement

Meskipun begitu, guru juga tidak boleh membakukan pilihan satu proses. Sebaiknya guru membuka ruang beragam cara, agar anak memiliki kemampuan berpikir dengan baik.

“Karena tidak menutup kemungkinan anak memilki cara lain yang mungkin lebih kreatif,” jelas dia.

Pembakuan satu proses dari guru, sambung dia, akan “memangkas” kreativitas anak. Prinsipnya, jika hasilnya sama, siswa perlu diberikan keleluasaan untuk memilih proses yang dikehendaki. “Dengan demikian, logika akan berkembang dengan baik,” tambah Mantan Ketua KPAI itu.

Advertisement

Ketua Umum Kowani, Dewi Motik Pramono, mengatakan anak SD belum cocok untuk diajarkan konsep.

“Matematika itu mudah dan realita. Jadi, anak itu jangan ditakuti-takuti jika ingin bisa menguasai matematika,” kata Dewi.

Sebelumnya, jagad media sosial Facebook dihebohkan dengan beredar PR murid kelas dua SD bernama Habibi tentang perkalian dan penjumlahan berulang. Salah satu soalnya, 4+4+4+4+4+4= 4×6= 24 namun guru menganggap salah, versi yang benar adalah 4+4+4+4+4+4= 6×4= 24.

Advertisement

Dari 10 soal, hanya dua soal yang benar. Tidak terima dengan penilaian guru, Erfas (kakak Habibi) yang membantu menyelesaikan PR mengunggahnya di media sosial itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif