News
Selasa, 23 September 2014 - 12:15 WIB

TOL TRANS SUMATRA : Proyek Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Dimulai

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan tol. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, DELI SERDANG — Proyek pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi mulai dikerjakan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Proyek tersebut dikerjakan oleh konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Hutama Karya (Persero) Tbk. Dalam sambutannya, Djoko Kirmanto mengatakan jalan tol tersebut merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatra yang akan melayani pergerakan manusia, barang dan jasa sekaligus sebagai pendorong pertumbuhan perekonomi di Sumatra Utara.

Advertisement

“Jalan tol ini sebagai salah satu infrastruktur yang mendukung program MP3EI melalui peningkatan kapasitas jalan yang menjadi bagian dari Koridor Ekonomi Sumatra,” ujar Djoko Kirmanto, Selasa (23/9/2014).

Jalan tol ini direncanakan memiliki panjang 61,8 kilometer yang akan dibagi dalam dua seksi yakni Seksi I sepanjang 17,80 kilometer ?yang meliputi Medan-Perbarakan-Kualanamu dan Seksi II dengan panjang 44 kilometer yang akan menghubungkan Perbarakan-Bukit Tinggi.

Karena dinilai tidak layak se?cara finansial, pemerintah memberikan dukungan dalam bentuk pengadaan tanah untuk seluruh ruas jalan tol dan pembangunan konstruksi pada Seksi I. Adapun, pembangunan Seksi II dilakukan oleh konsorsium Jasa Marga. Pembangunan Seksi I ditargetkan selesai pada 2016 sementara pada Seksi II diharapkan selesai pada 2017.

Advertisement

Selain melakukan peletakan batu pertama jalan tol Mean-Kualanamu-Tebing Tinggi, Djoko juga meresmikan sejumlah proyek infratruktur strategis di Sumatra Utara dan Nangroe Aceh Darussalam yang sudah siap untuk dioperasikan seperti flyover Kualanamu sepanjang 1 kilometer, Jembatan Krueng Merbau, SPAM IKK Syiah Kuala, SPAM IKK Simeulue Timur dan pengembangan SPAM IKK Pantai Labu. Kemudian, pembangunan TPA Sampah Regional Blang Bintang, TPA Cot Padang Lila, TPA Cot Buket, dan SPAM IKK Rantau Selatan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif