Jogja
Selasa, 23 September 2014 - 05:20 WIB

PASAR KLITIKAN KEBAKARAN : Pasar di Jogja Sudah Dilengkapi Alat Pemadam dan Hidran Air, tapi...

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kobaran api yang membakar Pasar Klitikan, Pakuncen, Wirobrajan, Jogja, Kamis (18/9/2014) malam. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA- Pasar tradisional di Jogja sudah dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR), namun belum dapat dipastikan kondisi dari seluruh APAR yang ada di pasar.

“Bagaimana kondisi APAR belum dicek. Penyediaan peralatan pemadam tersebut menjadi tanggung jawab dari Dinas Pengelolaan Pasar,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Agus Winarto, Minggu (21/9/2014).

Advertisement

Selain APAR, di pasar tradisional juga sudah tersedia hidran namun terkadang keberadaan hidran tersebut tertutup pedagang atau barang dagangan hingga berubah fungsi menjadi tempat menjemur pakaian.

Agus menambahkan, kebakaran yang terjadi di Pasar Klithikan merupakan kejadian kebakaran pasar tradisional yang pertama kali terjadi di Kota Jogja.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja Maryustion Tonang mengatakan, sudah menyediakan APAR di seluruh pasar tradisional di wilayah tersebut.

Advertisement

“Kondisinya juga dicek secara berkala dalam jangka waktu tertentu,” katanya.

Sementara itu, terkait bencana kebakaran di Pasar Klithikan, Maryustion mengatakan sudah mengizinkan pedagang untuk sementara berjualan di selasar pasar karena kios tidak dapat digunakan.

“Lokasi kebakaran masih akan diteliti oleh Puslabfor Polda Jateng Senin [22/9/2014]. Padahal pedagang harus segera bejualan, sehingga mereka diizinkan menggunakan selasar,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif