News
Selasa, 23 September 2014 - 11:30 WIB

HEBOH PR MATEMATIKA ANAK SD DI FB : Soal 4x6 atau 6x4, Begini Jawaban Ahli Matematika Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PR Matematika Anak SD yang Heboh di Facebook (facebook.com)

Solopos.com, SOLO – PR Matematika AnakSD yang bikin heboh Facebook ternyata masih diperdebatkan hingga kini. Perbincangan meruncing pada pertentangan antara konsep dan konteks dalam menjawab soal. Lantas bagaimana jawaban para ahli?

Penyusun buku History of Mathematics sekaligus ahli matematika dunia, Carl B. Boyer punya penjabaran soal konsep perkalian. Dalam catatan yang diunggah di ensiklopedia bebas, Wikipedia disunting Senin (22/9/2014), perkalian adalah operasi matematika penskalaan satu bilangan dengan bilangan lain.

Advertisement

Operasi ini adalah salah satu dari empat operasi dasar di dalam aritmetika dasar. Yang lainnya adalah penjumlahan, pengurangan, dan pembagian.

“Perkalian terdefinisi untuk seluruh bilangan di dalam suku-suku penjumlahan yang diulang-ulang; misalnya, 3 dikali 4 (seringkali dibaca “3 kali 4”) dapat dihitung dengan menjumlahkan 3 salinan dari 4 bersama-sama: 3 x 4 = 4 + 4 + 4 = 12,” sebut situs itu seperti dikutip Solopos.com, Selasa (23/9/2014).

Perkalian bilangan rasional (pecahan) dan bilangan real didefinisi oleh perumumam gagasan dasar ini. Satu sifat utama dari perkalian adalah hasilnya tidak bergantung pada peletakan faktor yang berulang (sifat komutatif). Penghitungan 3 dikali 4 dapat pula dihitung dengan cara menambahkan 3 sebanyak 4 kali: 3 x 4 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12.

Advertisement

Perkalian dapat juga digambarkan sebagai pencacahan objek yang disusun di dalam persegi panjang (untuk semua bilangan) atau seperti halnya penentuan luas persegi panjang yang sisi-sisinya memberikan panjang (untuk bilangan secara umum). Balikan dari perkalian adalah pembagian: ketika 3 kali 4 sama dengan 12, maka 12 dibagi 3 sama dengan 4.

Perkalian diperumum ke jenis bilangan lain misalnya bilangan kompleks dan ke konstruksi yang lebih abstrak seperti matriks.

Di laman Wikipedia juga diperlihatkan ilustrasi tentang proses perkalian. Simak gambar di bawah ini;

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif