News
Selasa, 23 September 2014 - 06:59 WIB

BURSA SAHAM : Bursa Eropa: Indeks Stoxx Europe 600 Turun 0,5% Seiring Perlambatan Ekonomi China

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pialang beraktivitas di galeri bursa saham Frankfurt, Jerman,(JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Solopos.com, SOLO — Bursa saham Eropa jatuh terendah dalam tiga pekan terakhir setelah Menteri Keuangan China menguapkan spekulasi pemerintahnya akan mengeluarkan stimulus ekonomi.

Saham-saham produsen berbagai komoditas menjadi yang paling anjlok di antara 19 kelompok industri. Tesco Plc turun ke level terendahnya sejak 2003. Cermaz ASA naik setelah Mitsubishi Corp mengajukan tawaran untuk membeli perusahaan itu, Sedangkan KMerck KGaA naik 4,4% setelah setuju membeli Sigma-Aldrich Corp.

Advertisement

Indeks Stoxx europe 600 turun 0,5% ke 346.69 dalam penutupan perdagangan di London, Senin (22/9/2014). Indeks acuan tersebut sempat naik 1,2% sepanjang pekan lalu saat referendum Skotlandia menunjukkan negara itu masih bergabung dengan Inggris raya dan suku bunga The Fed tidak akan naik dalam waktu dekat.

“Sepertinya Pemerintah China mengakui pertumbuhan ekonomi mereka sudah berakhir dan mereka sedang menuju pertumbuhan yang lebih rendah,” kata Kepala Ekuitas Eropa di Royal London Asset Management, Andrea William, di London, seperti dikutip Bloomberg.

Indeks Stoxx Europe 600 sempat reli 0,9% pada 19 September lalu dan ditutup 0,3 lebih tinggi dari pada rekor tertinggi selama enam tahun pada Juni lalu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif