Jogja
Selasa, 23 September 2014 - 22:40 WIB

Bantuan Air ke Prambanan Sebaiknya Berkoordinasi agar Merata

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penyerahan bantuan air bersih secara simbolis ditandai dengan pengisian air ke jeriken milik seorang warga Wukirharjo, Prambanan, oleh Ketua Umum Panitia Hari Besar Krsitiani Kabupaten Sleman, Retno Wisudawati, Jumat (19/9/2014). (Dok Humas)

Harianjogja.com, SLEMAN—Setiap pihak yang memberikan bantuan air bersih bagi warga Kecamatan Prambanan diharap berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan.

Menurut Bupati Sleman, Sri Purnomo, koordinasi dibutuhkan untuk memastikan bantuan air bersih didistribusikan secara merata dan tepat sasaran.

Advertisement

“Banyak pihak swasta yang memberikan bantuan air bersih. Kami mengharapkan, setiap bantuan yang akan masuk dikoordinasikan terlebih dahulu dengan kecamatan. Tujuannya agar bantuan bisa merata dan tidak menumpuk di satu titik,” kata Sri Purnomo sebelum menyerahkan bantuan air bersih di Dusun Klumprit I, Desa Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Selasa (22/9/2014) siang.

Tahun ini, Pemkab Sleman menyiapkan 100 tangki air bersih untuk mengatasi kekeringan di Prambanan. “Jumlah itu jelas tidak cukup, mengingat banyaknya warga yang membutuhkan air bersih. Namun, jaringan sistem pengatur air di Prambanan yang ada diharap bisa membantu mencukupi kebutuhan air warga setempat,” ujar Bupati.

Seorang warga Klumprit I, Tri, 27, merasa senang mendapat bantuan air bersih. Pasalnya, selama ini dia harus mengambil air bersih dari sumur milik warga lain di dusun tetangga akibat tidak mampu membeli air. Dia mengaku akan menggunakan bantuan air bersih yang diterimanya untuk kebutuhan makan dan minum sehari-hari.

Advertisement

Tri mengatakan, warga yang mampu biasanya membeli air bersih seharga Rp110.000 per tangki. Air tersebut bisa mencukup kebutuhan air sehari-hari selama tiga hingga empat hari.

“Kalau untuk ternak, bisa mengambil dari embung yang airnya kurang jernih,” imbuhnya kemudian.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif