Jogja
Senin, 22 September 2014 - 17:20 WIB

Ini Upaya Dishub Giatkan Kembali Segosegawe

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (kaskus.co.id)

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja, dalam hal ini Windarto, Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Jogja menyatakan bersepeda tak dapat dipaksakan. Kendati demikian, pihaknya berusaha memfasilitasi pesepeda agar kian nyaman melintas di Kota Jogja.

Pada akhir 2014 ini, pihak Dishub Kota Jogja sedang menjalankan lelang untuk penambahan fasilitas rambu dan marka bagi pesepeda, dengan nilai lelang senilai Rp285 juta. Dengan rincian Rp85 juta keperluan rambu, Rp200 juta untuk marka. Hal ini disiapkan dalam agenda pencanangan Kelurahan Kotabaru sebagai wilayah percontohan aman dan nyaman bersepeda.

Advertisement

“Di sana nanti ada penyeberangan khusus sepeda. Harapannya, masyarakat tak lagi takut atas keamanan diri mereka di jalan, sebagai pengguna sepeda,” terangnya.

Kotabaru dipilih karena pertimbangan memiliki kontur kewilayahan yang tepat, serta adanya dua jalur yang berukuran cukup leluasa untuk dikembangkan kembali. Selain itu, pengecatan kembali warna ruang tunggu dan jalur sepeda yang mulai pudar di jalan Kota Jogja, akan segera dilakukan, sebagai bentuk perawatan fasilitas.

“Dishub ingin bersepeda menjadi spirit, bukan sebuah program semata,” pungkasnya.

Advertisement

Kendati demikian, ia berharap pengguna sepeda juga mulai menaati ketentuan lalu lintas. Misal dengan menunggu lampu APILL di ruang bersepeda.

“Pesepeda jangan ogah menunggu lampu APILL di ruang tunggu sepeda atau bahkan memilih berada jauh dari marka yang ada. Pesepeda hendaknya juga ikut taat aturan berlalu lintas,” tegas Windarto.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif