Teknologi
Jumat, 19 September 2014 - 11:45 WIB

TRENDING SOSMED : Protes Jalanan Rusak, Komunitas Kreatif Ini Unggah Foto-Foto Parodi

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KAUNAS – Komunitas Z999 punya cara kreatif untuk protes jalanan rusak. Kelompok asal Lithuania ini menunggah ilustrasi kegiatan liburan di jalanan berlubang. Hasilnya? Cukup menggelitik.

Foto-foto karya Z999 tersebut menampilkan beragam kegiatan keseharian manusia yang dikaitkan dengan jalan-jalan rusak yang menjadi fokus utamanya. Salah satu contohnya adalah sebuah foto yang menunjukkan seorang pria tengah bersiap untuk berenang di sebuah jalan berlubang yang tergenang air. Di foto lain tampak pula dua wanita tengah menyikat gigi di hadapan kubangan pada sebuah jalan kota, dan lain sebagainya.

Advertisement

Rangkaian foto ilustrasi itu dipajang di salah satu blog kreatif Bored Panda. Lokasi-lokasi foto sindiran tersebut dibuat di jalan-jalan di sekitar Kota Kaunas, kota terbesar kedua di Lithuania.

Tanpa disangka rangkaian foto tersebut mendapat banyak tanggapan positif dan terus menyebar secara viral hingga terdengar oleh pemerintah Lithuania. Meskipun belum tampak upaya nyata penyelesaian masalah jalan rusak, namun sebaran viral foto tersebut berhasil membuat pemerintah Lithuania tersentil dan memutuskan untuk mengkaji lebih jauh isu terkait di tingkat parlemen setempat.

Masalah kerusakan jalan merupakan isu besar di negara pecahan Uni Soviet yang terletak di tepi laut Baltik itu. Di tahun 2013 lalu, banyak media lokal menyebut negara tersebut memiliki angka kecelakaan lalu lintas tertinggi di Uni Eropa. Secara rata-rata, sebanyak 100 orang dari setiap satu juta orang menjadi korban dari kecelakaan lalu lintas di Lithuania. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari rata-rata yang terjadi di seluruh kawasan Uni Eropa.

Advertisement

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif