Teknologi
Jumat, 19 September 2014 - 00:08 WIB

Rumor Bayi "Dajjal" Bermata Satu Israel Hoax

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Heboh Kelahiran Bayi Bermata Satu yang Disebut-Sebut Dajjal (google.com)

Solopos.com, TEL AVIV– Kelahiran bayi bermata satu di Israel ternyata hoax. Hingga berita ini diturunkan, tidak ada satupun sumber berita yang mengonfirmasi kebenarannya. Sedangkan rumor ini justru berkembang lewat sosial media dan tayangan di Youtube.

Entah darimana mulanya, belakangan marak beredar berita tentang lahirnya bayi bermata satu di forum Internet dan media sosial. Bayi bermata satu itu, sebagaimana ramai diperbincangkan di media sosial, lahir di Israel.

Advertisement

Dalam rumor yang berkembang di kalangan pengguna media sosial itu disebutkan, media massa sengaja menutupi kelahiran bayi tersebut.

Pantauan Solopos.com, Jumat (12/9/2014), kabar ini masih terus berkembang.

Advertisement

Pantauan Solopos.com, Jumat (12/9/2014), kabar ini masih terus berkembang.

Sejumlah blogger ikut mengulas rumor ini. Meski sebagian besar menganggap hal itu hanya rumor belaka, namun tak sedikit orang yang meyakini. Bahkan sebagian mengaitkan kabar ini dengan kedatangan Dajjal.

Blogger Fatih Saputro dalam blognya misalnya meragukan kebenaran berita. Namun mengulasnya lengkap dengan penjelasan tentang kemunculan Dajjal.

Advertisement

Kabar ini sebenarnya sudah muncul sejak lama. Tahun 2010 silam, kabar serupa sempat menghebohkan media sosial. Namun, tidak ada kelanjutan cerita hingga kini.

Kabar bayi bermata satu dari Israel bukan hanya sekali ini saja muncul. Hampir setiap tahun selalu muncul kabar serupa. Bahkan sebelum media sosial sebesar sekarang, surat kabar di negeri teluk pernah memberitakan orang bermata satu menghebohkan Israel. Namun kabar yang berkembang tahun 1991 itu tak pernah terkonfirmasi.

AlArabiya dalam sebuah ulasannya mengenai bayi bermata satu ini memberikan ciri-ciri Dajjal agar tak tertukar dengan rumor serupa.

Advertisement

Dajjal adalah seorang muda yang berkulit merah, pendek, berambut keriting, dahinya lebar, pundaknya bidang, matanya yang sebelah kanan buta, dan matanya ini tidak menonjol keluar juga tidak tenggelam, seolah-oleh buah anggur yang masak (tak bercahaya) dan matanya sebelah kiri ditumbuhi daging yang tebal pada sudutnya.

Di antara kedua matanya terdapat tulisan huruf kaf, fa’, ra’ secara terpisah, atau tulisan “kafir” secara bersambung / berangkai, yang dapat dibaca oleh setiap muslim yang bisa menulis maupun yang tidak bisa menulis. Dan di antara tandanya lagi ialah mandul, tidak punya anak.

“Disebutkan bahwa dajjal memiliki dua mata, matanya yang sebelah kanan buta. Jadi bukan satu,” sebut artikel itu, 27 Agustus 2010 silam. “Bayi itu bukanlah dajjal seperti yang diperkirakan banyak orang. Itu akibat sang ibu mengkonsumsi terlalu banyak obat anti kanker,” terang AlArabiya menepis rumor bayi Dajjal yang berkembang tahun 2010 silam.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif