News
Jumat, 19 September 2014 - 11:36 WIB

REFERENDUM SKOTLANDIA : Kubu Pro Inggris (No) Unggul Sementara 54,2%

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Referendum Skotlandia mengosongkan kotak suara sebelum menghitung suara di Aberdeen, Kamis (18/9/2014). (JIBI/Solopos/Reuters/Dylan Martinez)

Solopos.com, EDINBURG — Referendum Skotlandia mulai menampakkan hasil. Hasil penghitungan suara sementara menunjukkan pro Inggris (No) unggul atas kubu pro kemerdekaan Skotlandia (Yes).

Dari data yang dipublikasikan Bloomberg.com, dari 32 daerah yang mengikuti pemungutan suara, hanya delapan daerah yang belum menunjukkan hasil. Jumlah suara delapan daerah itu menentukan karena merepresentasikan 33,1% total jumlah pemilih dalam referendum Skotlandia ini.

Advertisement

Hasil sementara menunjukkan pro kemerdekaan mendapatkan 45,8% suara, sedangkan pro Inggris mendapatkan 54,2% suara. Angka ini hampir sama dengan hasil exit poll yang digelar oleh lembaga survei Yougov yang memprediksi kubu pro Inggris (No) unggul dengan 54% atas kubu pro kemerdekaan Skotlandia dengan 46%. Baca: Exit Poll: 54% Warga Skotlandia Menolak Pisah dari Inggris.

Kubu pro kemerdekaan unggul cukup telak di Glasgow, kota terbesar di Skotlandia. Namun mereka kalah di banyak tempat seperti di Aberdeen dan Falkirk. Sedangkan di ibu kota Edinburg, hasil penghitungan suara belum muncul.

Hasil Sementara Referendum Skotlandia (Bloomberg)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif