Jogja
Jumat, 19 September 2014 - 19:20 WIB

PASAR KLITIKAN KEBAKARAN : 84 Kios dan Los Ludes, Ini Keterangan Saksi Mata

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kobaran api yang membakar Pasar Klitikan, Pakuncen, Wirobrajan, Jogja, Kamis (18/9/2014) malam. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 84 kios dan los di Pasar Klitikan, Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Jogja, ludes terbakar, Kamis (18/9/2014) malam. (Baca : PASAR KLITIKAN KEBAKARAN : Diduga Karena Hubungan Arus Pendek)

Banyaknya benda-benda yang mudah terbakar membuat api cepat membesar dan melahap seluruh kios di blok B1 pasar tersebut.

Advertisement

Informasi Harian Jogja, di lokasi kejadian, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 23.45 WIB. Sumber api muncul dari salah satu kios bagian tengah blok B1, kemudian merembet ke bagian kios lainnya.

“Awalnya api kecil keluar dari dalam rolling door toko elektronik,” kata Agus Riyanto, salah satu petugas keamanan Pasar Klitikan yang mengetahui pertama kali kebakaran.

Agus sudah berupaya memadamkan api dibantu tiga temannya, namun upayanya tidak membuahkan hasil. Sebanyak empat tabung alat pemadam api ringan (Ampar) yang tersedia di Pasar Klitikan, tak mampu menaklukan api.
Api terus membesar, terlebih benda-benda yang dijual di semua kios di blok B1 rata-rata mudah terbakar, seperti tas, gitar, helm, asesoris pakaian, barang elektronik dan onderdil motor.

Advertisement

Agus pun minta pertolongan warga sekitar. Saat warga berdatangan, api sudah membesar, dan melahap puluhan kios. Warga berupaya memadamkan dengan alat seadanya seperti ember dan baskom. Namun upaya warga pun tak mampu menaklukan ganasnya si jago merah.

Sekitar setengah jam kemudian petugas pemadam kebakaran dari unit Kota Jogja baru tiba di lokasi, menyusul kemudian kendaraan pemadam kebakaran dari Sleman dan Bantul. Setidaknya ada delapan kendaraan pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api.

Petugas sempat kesulitan masuk ke area pasar karena banyaknya warga berdatangan untuk menyaksikan kejadian tersebut dari jarak dekat. Akhirnya api dapat ditaklukan sekitar pukul 02.00 WIB, Jumat dini hari.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif