News
Kamis, 18 September 2014 - 18:30 WIB

KABINET JOKOWI-JK : Ini Pembagian Kerja Sesneg, Seskab, dan Kepala Staf Ala Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joko Widodo (Jokowi) (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan mengubah struktur internal kantor kepresidenan dengan melebur Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).

Struktur internal kantor kepresidenan terdiri tiga instansi yakni sekretaris negara, sekretaris kabinet dan kepala staf kantor kepresidenan. Struktur UKP4 yang selama ini bekerja pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) nantinya dimasukkan ke dalam struktur kepala staf kantor kepresidenan.

Advertisement

Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto, mengatakan ketiga instansi merupakan perangkat khusus di kepresidenan. Pembagian kerjanya untuk sesneg berurusan dengan hal-hal yang sifatnya kenegaraan presiden sebagai kepala negara.

Di situ ada protokoler, ada paspampres, rumah tangga kepresidenan, ada istana presiden, dan perumusan undang-undang. Sementara Seskab mendampingi presiden mengurusi pemerintahan mulai dari sinergi harmonisasi di tingkat peraturan presiden sampai sidang kabinet.

Adapun kepala staf kepresidenan adalah perangkat khusus yang membantu presiden kepada hal-hal yang sifatnya substantif kebijakan termasuk membantu presiden membuat perencanaan strategis dan nasehat kepada presiden.

Advertisement

“Kalau seskab dengan sesneg itu cenderung sifatnya birokrasi, kalau kepala staf kepresidenan substansi kebijakan yang memberikan saran kepada presiden. Termasuk membantu presiden membuat perencanaan strategis jadi implementasi program, di antaranya memberi early warning system kepada presiden,” ujarnya.

Tugas kepala staf ini berbeda dengan menteri koordinator (menko). Kepala staf berinteraksi dengan presiden, sementara tugas menko adalah pembantu presiden yang mengerjakan koordinasi lintas kementerian sesuai rumpunnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif