Jateng
Rabu, 17 September 2014 - 09:50 WIB

PERTUKARAN PELAJAR : Bukan Sekedar Belajar, Siswa Diharapkan Ikut Promosikan Daerah

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Kanalsemarang.com, MAGELANG– Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, mengharapkan program pertukaran pelajar kota setempat dengan Hulu Selangor, Malaysia, dilakukan secara berkelanjutan sebagai salah satu cara mempromosikan potensi daerah masing-masing.

Advertisement

“Pertukaran pelajar seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan. Upaya ini bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi masing-masing daerah,” kata Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Wali Kota Magelang Djatmo Wahyudi seperti dikutip Antara, Selasa (16/9/2014).

Ia mengatakan hal itu saat mewakili Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menerima audiensi 10 pelajar setingkat sekolah menengah atas berasal dari Hulu Selangor, Malaysia, yang sedang menjalani program pertukaran pelajar di kota setempat, 13-20 September 2014.

Berbagai hal yang baik dari Kota Magelang, katanya, bisa disebarluaskan ke Malaysia, sedangkan sebaliknya berbagai hal yang bermanfaat dari negeri tetangga itu, bisa ditularkan ke Indonesia, terutama Kota Magelang.

Advertisement

“Hal yang baik di sini bisa dibawa dan ditularkan ke sana [Malaysia]. Begitu juga sebaliknya, sesuatu yang bermanfaat di sana bisa ditularkan di Indonesia,” kata Djatmo.

Sejak Sabtu (13/9/2014), para pelajar itu melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Kota Magelang, antara lain pusat keramaian, alun-alun, beberapa pusat kuliner, tempat kerajinan, Taman Kyai Langgeng, dan sejumlah sekolah.

“Tujuan kunjungan ini bukan hanya ingin mengetahui program dan kebijakan pendidikan di Kota Magelang, melainkan juga ingin belajar soal kebudayaan lokal, potensi pariwisata, serta aktivitas sosial di sini,” kata Kepala SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang Suratno setelah mendampingi rombongan pelajar Malaysia itu beraudiensi dengan pihak pemkot setempat.

Advertisement

Ia mengatakan program pertukaran pelajar sudah beberapa kali dilakukan antara pihaknya dengan Malaysia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif