News
Rabu, 17 September 2014 - 13:30 WIB

KABUT ASAP SUMSEL : Kabut Asap Pekat Mulai Ganggu Perjalanan Kapal

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kabut asap (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, PALEMBANG — Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Palembang mengeluarkan peringatan kepada pengguna jasa angkutan laut untuk berhati-hati terhadap kabut asap yang bisa menganggu pelayaran.

Kepala KSOP Kelas II Palembang, Hendri Tondang, mengatakan peringatan itu disampaikan melalui surat edaran atau maklumat kepada seluruh pengguna jasa yang dirilis pada Rabu (17/9/2014).

Advertisement

“Memang sudah ada laporan oleh karena itu kami keluarkan peringatan agar pengguna jasa lebih berhati-hati karena ada kabut asap,” katanya, Rabu.

Dia mengatakan pihaknya berharap nahkoda kapal dapat lebih aktif menggunakan frekuensi radio untuk mengabarkan kondisi saat berlayar. Terkait penurunan jarak pandang yang disebabkan kabut asap, dia mengemukakan, sampai saat ini jarak pandang masih normal.

Menurut dia, kabut asap sangat pekat terjadi pada pagi hari. Pada saat itu aktivitas kapal yang berlayar cukup banyak. KSOP sendiri akan memberlakukan jam berbeda untuk kapal yang akan keluar dan kapal yang akan masuk jika kabut asap mulai menganggu jarak pandang dan aktivitas pelayaran.

Advertisement

“Seperti tahun lalu, kabut asap juga menganggu pelayaran dan membuat kami memberlakukan jam keluar-masuk,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif